Jaga Kelancaran Arus Balik, Laju Truk Akan Diperlambat

Kepolisian Republik Indonesia akan memprioritaskan kendaraan berukuran kecil untuk memperlancar arus balik para pemudik Idul Fitri 2017. Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan sejauh ini truk pengangkut barang belum boleh beroperasi hingga H+4 atau Jumat (30/6/2017). Kementerian Perhubungan telah mengimbau agar para palaku usaha pengangkutan tidak mengoperasikan truk hingga Minggu (2/7/2017) pukul 24.00 WIB.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 30 Juni 2017  |  16:09 WIB
Jaga Kelancaran Arus Balik, Laju Truk Akan Diperlambat
Kendaraan antre di gerbang tol Cipali Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (29/6). Memasuki H4 Lebaran, arus balik dari Jawa Tengah menuju Jakarta masih terpantau padat dan puncak arus balik diprediksi terjadi pada H5 dan H6. - Antara/Dedhez Anggara

Bisnis.com, JAKARTA -- Kepolisian Republik Indonesia akan memprioritaskan kendaraan berukuran kecil untuk memperlancar arus balik para pemudik Idulfitri 2017.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan mulai hari ini  truk pengangkut barang sudah boleh beroperasi. Namun, Kementerian Perhubungan telah mengimbau agar para pelaku usaha pengangkutan tidak mengoperasikan truk hingga Minggu (2/07/2017) pukul 24.00 WIB.

“Karena merupakan imbauan, kami tidak melarang truk-truk beroperasi pada jalur pemudik,” paparnya, Jumat (30/06/2017) siang.

Meski demikian, Polri, lanjutnya, diberi kewenangan melakukan pengaturan sehingga jika situasi di lapangan terjadi kemacetan, maka petugas akan memperlambat lajur truk dan memprioritaskan kendaraan kecil.

“Alternatif lainnya, petugas akan mengalihkan truk untuk masuk ke kantong-kantong penampungan seperti rest area,” jelasnya.

Pihaknya memperkirakan titik pertemuan kendaraan pemudik dengan truk akan terjadi pada km 66 pertemuan ruas tol Cipali-Purbaleunyi sehingga pihaknya telah melakukan antisipasi dengan menyiagakan petugas gabungan.

Meski titik kemacetan tahun ini tetap ada, secara keseluruhan arus mudik dan balik saat ini jauh lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan pemerintah bekerja secara serius seperti melakukan penambahan infrastruktur dan pengaturan lalu lintas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
arus balik mudik

Editor : Maria Yuliana Benyamin
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top