Perupa Hening Purnamawati Tutup Usia

Kabar duka tengah melanda dunia seni rupa Tanah Air. Perupa asal Cimahi Jawa Barat, Hening Purnamawati tutup usia.
Ramdha Mawaddha | 28 Juni 2017 22:23 WIB
foto diambil dari laman Facebook Rumah Seni Mas

Bisnis.com, JAKARTAKabar duka tengah melanda dunia seni rupa Tanah Air. Perupa asal Cimahi Jawa Barat, Hening Purnamawati tutup usia.

Kabar kepergian Hening diketahui lewat unggahan sebuah foto Hening di akun Instagram Galeri Nasional. “Selamat jalan sang surealis, semangat berkaryamu akan terus menginspirasi dunia seni rupa Indonesia, RIP Hening Purnamawati 1960-2017,” seperti tertulis di akun @galerinasional hari ini, Rabu (28/6/2017).

Hening Purnamawati lahir di Cimahi, 3 September 1960. Hening menempuh pendidikan pada 1987 di Institut Seni Indonesia, Jurusan Seni Lukis, Yogyakarta. Beberapa pameran yang pernah diikuti Hening antara lain, pada 2005 di pameran bersama: Pra Biennale Bali. Pameran Pelukis Jawa Timur di Balai Pemuda Surabaya pada 2006. Pameran The Gate Pre-Discourse di Hu Bei Art College, Wu Han, di China. 

Hening juga pernah memperoleh penghargaan pada 1994 sebagai Sepuluh Lukisan Terbaik, Indonesian Art Awards 1994 (The Philip Morris Group of Companies) dari Yayasan Seni Rupa Indonesia. Pada 1996, dia juga memperoleh penghargaan Karya Terbaik Indonesian Art Awards 1996 (The Philip Morris Group of Companies) dari Yayasan Seni Rupa Indonesia.

Pada 1998, dia memperoleh penghargaan dalam Meningkatkan Kreatifitas Seni Lukis Indonesia dari Menteri Pariwisata Seni dan Budaya RI. Dan pada 2003 memperoleh penghargaan Seniman Jawa Timur Awards 2003 dalam Pengabdian dan Dedikasi di Bidang Seni.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
seni rupa

Editor : Gajah Kusumo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top