Sumut Perkuat Kapasitas Sistem PPDB Online

Pemerintah Provinsi Sumatra Utara menambah kapasitas sistem pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online yang diterapkan mulai tahun ajaran ini.
Yoseph Pencawan - nonaktif | 22 Juni 2017 17:05 WIB
Calon peserta didik baru didampingi orang tuanya melihat pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tahun pelajaran 2017/2018 yang dipajang di Kota Jambi, Senin (12/6). - Antara/Wahdi Septiawan

Bisnis.com, MEDAN - Pemerintah Provinsi Sumatra Utara menambah kapasitas sistem pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online yang diterapkan mulai tahun ajaran ini.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Pemprov Sumut Muhammad Fitriyus mengungkapkan, pihaknya bersama dengan Dinas Pendidikan telah melakukan perbaikan dan optimalisasi sistem PPDB online. Salah satunya adalah meningkatkan kapasitas server.

"Kami telah meningkatkan kapasitas server dengan menyiapkan Bandwith internet dengan kapasitas 400 Mpbs," ujarnya, Kamis (22/6/2017).

Dan dari hasil monitoring serta evaluasi yang dilakukan, bandwith yg terpakai hanya sekitar 20% sehingga bandwith yang tersisa masih sebesar 350-370 Mbps lagi. "Artinya, bandwith yang sudah disiapkan lebih dari cukup."

Dinas Kominfo telah menambah server, yaitu setengah dari kapasitas server miliknya di lantai 6 Kantor Gubenur di Jalan Diponegoro, Medan. Atas permintaan tim IT Disdik, sejak (Rabu/14), Dinas Kominfo juga menambah server kosong yang kondisinya lebih baik daripada server yg ada di Dinas Pendidikan.

Selain itu, upaya lain yang telah dilakukan untuk memaksimalkan kinerja sistem tersebut adalah pembagian zona waktu hak akses. Mereka juga telah melakukan replikasi database PPDB online dan pengaaturan real time hasil seleksi sementara berdurasi 4 jam yang hasilnya diklaim semakin memperlancar akses ke sistem PPDB.

Peningkatan kapasitas server dan upaya-upaya lainnya itu menurut dia telah menggenjot progres pelaksanaan PPDB SMA dan SMK negeri secara online secara signifikan. Hal itu tergambar dari peningkatan jumlah pelamar yang mengakses.

Berbeda dari kondisi awal PPDB online dioperasikan pada Senin (12/6) di mana server sempat mengalami gangguan akibat banyaknya pengguna yang mengakses pada waktu bersamaan. Ketika itu, jumlah pengguna hampir mencapai 100% dari kapasitas server yang ada sehingga menyebabkan website PPDB Online sulit diakses.

Kepala Dinas Pendidikan Sumut Arsyad Lubis menambahkan, progres PPDB SMA dan SMK Negeri secara online di provinsinya semakin baik setelah akses masuk sistem jauh lebih lancar.

Jumlah pendaftar pun kian banyak di mana hingga akhir pekan lalu, jumlah siswa yang sudah mendaftar untuk melanjutkan studi ke SMA dan SMK negeri di Sumut tercatat sebanyak 125.045 orang. Jumlah itu diprediksi sudah jauh lebih banyak pada hari ini.

Dia merinci, jumlah pendaftar pada hari pertama pembukaan pendaftaran secara online sekitar 11.000 orang, hari kedua sekira 25.000 orang, hari ketiga sekitar 45.000 orang, hari keempat 80.784 orang, hari kelima 111.690 orang dan hari keenam 125.045 orang.

Semakin baiknya pelaksanaan PPDB online ini menurut Arsyad merupakan implikasi dari adanya langkah-langkah yang telah dilakukan dalam perbaikan dan optimalisasi sistem.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
PPDB Online

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top