Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemutusan Hubungan Diplomatik : Bank Komersial Tunda Kesepakatan dengan Bank Qatar

Sejumlah bank komersial Arab Saudi dan Uni Emirat Arab menunda untuk melakukan bisnis dengan bank-bank Qatar, salah satunya kesepakatan letter of credit usai tujuh negara memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Qatar.
Irene Agustine
Irene Agustine - Bisnis.com 06 Juni 2017  |  16:23 WIB
Qatar - Reuters
Qatar - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA -- Sejumlah bank komersial Arab Saudi dan Uni Emirat Arab menunda untuk melakukan bisnis dengan bank-bank Qatar, salah satunya kesepakatan letter of credit usai tujuh negara memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Qatar.

Berdasarkan sumber Reuters yang tidak ingin disebutkan namanya, Selasa (6/6/2017), mengatakan bahwa pihaknya menunda kesepakatan dengan bank-bank Qatar sampai bank sentral memberikan arahan yang terperinci untuk melakukan bisnis dengan bank Qatar.

Mereka juga mengatakan bahwa bank sentral Uni Emirat Arab (UEA) telah meminta bank-bank di negara tersebut untuk memerinci eksposur mereka terhadap bank-bank Qatar. Bank sentral Bahrain telah mengambil langkah yang sama, menetapkan tenggat waktu Kamis untuk mendapatkan informasinya.

Bank sentral UEA tidak menanggapi permintaan komentar dan pejabat bank sentral Bahrain tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar.

Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab dan Bahrain memutuskan hubungan lewat udara, laut dan darat dengan Doha pada hari Senin (5/6/2017), menuduh negara tersebut mendukung terorisme. Aksi ini diikuti dengan pemutusan hubungan diplomatik oleh tiga negara lainnya, yaitu Yaman, Libya dan Maladewa.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman al-Thani menyatakan bahwa negaranya siap melakukan mediasi setelah beberapa kekuatan besar di jazirah Arab memutuskan hubungan diplomatik.

Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani telah berkomunikasi lewat sambungan telepon dengan negara tetangga lainnya, Kuwait untuk mempertahankan hubungan diplomatic dengan Qatar. Selain itu, Qatar juga memutuskan untuk menunda pidato kepada masyarakat Qatar sesuai dengan permintaan.

Adapun, Qatar juga memutuskan untuk tidak melakukan aksi balasan terhadap tindakan pemutusan hubungan ini. Negara itu meyakini perbedaan antar negara saudara dapat diselesaikan melalui dialog.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timur tengah qatar

Sumber : Reuters

Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top