Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian PUPR Bantu Korban Tanah Longsor di Sulsel

Bencana alam tanah longsor melanda Dusun Harapan makmur, Desa Maliwowo, Kecamatan Angkona, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Minggu lalu, (12/5/2017) pukul 5.30 WITA.
Petugas mengoperasikan alat berat/Antara-Andreas Fitri Atmoko
Petugas mengoperasikan alat berat/Antara-Andreas Fitri Atmoko

Kabar24.com, JAKARTA - Bencana alam tanah longsor melanda Dusun Harapan makmur, Desa Maliwowo, Kecamatan Angkona, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Minggu lalu, (12/5/2017) pukul 5.30 WITA.

Longsor tersebut diakibatkan intensitas hujan tinggi yang terjadi beberapa hari sebelumnya. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menurunkan tim dan alat berat ke lokasi longsoran serta memenuhi kebutuhan air bersih bagi korban bencana.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono mengatakan akibat longsor sempat menutup jalan Trans Sulawesi, namun telah dilakukan langkah-langkah pembersihan jalan poros tersebut oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XIII Makasar, Ditjen Bina Marga dibantu dinas terkait di daerah.

"Jalan kini sudah bisa dilalui kendaraan secara bergantian karena masih dalam proses pembersihan," ujarnya seperti yang dikutip dalam siaran pers, Senin (15/5/2017).

Selain itu, Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya juga telah mengirimkan bantuan 1 unit Mobil Tangki Air (MTA) dan 5 Hidran Umum (HU) dengan kapsitas 2000 liter.

MTA tersebut disediakan guna memenuhi kebutuhan air bersih pada posko komando bencana, sedangkan 2 HU akan dipasang di posko komando dan sisanya yakni 3 unit HU akan di drop sementara di kantor PDAM  Malili. Distribusi air bersih saat ini bisa dikatakan sudah kembali normal.

Masa tanggap darurat selama 7 hari terhitung tanggal 12-18 Mei 2017, namun tidak menutup kemungkinan akan diperpanjang karena pada beberapa titik masih rentan longsor.

"Saat ini juga telah dibentuk tim investigasi guna menjaga kemungkinan terjadi longsor susulan yang terdiri dari TNI, POLRI, Kementerian PUPR, Tim Geologi yang telah melakukan survei di sekitar lokasi lereng yang longsor," kata Basoeki.

Bencana longsor juga mengakibatkan korban jiwa dan luka-luka serta mengakibatkan kerusakan sawah, kebun dan rumah milik warga sehingga sebanyak kurang lebih 400 orang penduduk harus mengungsi ke rumah kerabatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper