BI: Tingkat Konsumsi Masyarakat Surabaya Terjaga

Bank Indonesia (BI) Perwakilan Jawa Timur merilis tingkat konsumsi masyarakat Kota Surabaya pada Maret 2017 relatif terjaga sehingga menunjukkan optimisme konsumen terus berlanjut.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 11 April 2017  |  23:25 WIB
BI: Tingkat Konsumsi Masyarakat Surabaya Terjaga
Midnight Sale di pusat perbelanjaan - Antara/Teresia May

Bisnis.com, SURABAYA - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Jawa Timur merilis tingkat konsumsi masyarakat Kota Surabaya pada Maret 2017 relatif terjaga sehingga menunjukkan optimisme konsumen terus berlanjut.

Kepala Perwakilan BI Jawa Timur, Difi Ahmad Johansyah mengatakan berdasarkan survei konsumen dan penjualan eceran oleh BI, menunjukkan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Maret 2017 berada pada level optimis yaitu sebesar 119,2, meskipun melemah 1,4 poin dibandingkan bulan sebelumnya.

"Pelemahan IKK tersebut bersumber dari pelemahan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) sebesar -2,8 poin. Sedangkan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) terpantau stabil dibandingkan dengan bulan sebelumnya," katanya dalam rilis, Selasa (11/4/2017).

Sejalan dengan optimisme survei konsumen, hasil survei penjualan eceran Bank Indonesia Jawa Timur menunjukkan ekspektasi peningkatan penjualan ritel pada Maret 2017, yang tercermin dari meningkatnya indeks ekspektasi penjualan eceran menjadi 7,63% (mtm) atau lebih tinggi dibandingkan Indeks Riil Penjualan Eceran (IRPE) pada Februari 2017 yang tercatat naik sebesar 2,39%.

"Seluruh kelompok barang juga mencatatkan peningkatan permintaan, utamanya pada kelompok barang perlengkapan rumah tangga dan barang lainnya yang tumbuh masing-masing sebesar 19,05% (mtm) dan 14,90% (mtm)," imbuhnya.

Selain itu, imbuh Difi, peningkatan ekspektasi penjualan kelompok barang lainnya diyakini sejalan dengan banyaknya rencana promo yang akan dilakukan pada Maret 2017, terutama sub kelompok pakaian jadi, tas, dompet, koper dan ransel, farmasi, serta kosmetik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
surabaya, konsumsi rumah tangga

Editor : Gita Arwana Cakti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup