Setya Novanto: Nyepi Jadi Momentum Introspeksi Berbangsa

Ketua DPR Setya Novanto mengharapkan peringatan Hari Raya Nyepi bisa menjadi momentum untuk melakukan introspeksi di tengah kompleksitas kehidupan berbangsa.
John Andhi Oktaveri | 28 Maret 2017 14:09 WIB
Ketua DPR Setya Novanto. - Antara/Widodo S. Jusuf

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPR Setya Novanto mengharapkan peringatan Hari Raya Nyepi bisa menjadi momentum untuk melakukan introspeksi di tengah kompleksitas kehidupan berbangsa.

Menurutnya, introspeksi tersebut diperlukan untuk melahirkan pikiran yang jernih yang bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk keperluan bangsa dan negara. Dengan pikiran itu, ujarnya, diharapkan akan lahir keharmonisan kehidupan berbangsa di tengah pluralitas yang ada.

"Selamat menempuh proses pergantian Tahun Saka, menuju kepada suasana yang lebih baik di masa yang akan datang dengan pikiran yang jernih, sejuk dan teduh,” ujarnya dalam keterangannya kepada pers, Selasa (28/3/2017).

Di tengah kehidupan yang begitu kompleks, riuh dengan hiruk-pikuk, glamour dengan segala kemeriahannya, hari ini seakan terhenti. Seluruh energi dan pikiran terfokus pada penghambaan, ujarnya. “Sejatinya, keheningan bukan berarti kekosongan, melainkan momentum intropeksi dan evaluasi,” ujarnya.

Nyepi menandakan pergantian tahun yang juga berarti pergantian masa, perubahan dari masa lalu ke masa sekarang dalam menjemput masa depan yang lebih baik, ujar Novanto. Nyepi juga telah menjadi ritualitas yang penting dan berharga bagi seluruh umat manusia, bangsa dan negara, ujarnya menambahkan.

Tag : setya novanto
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top