Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Korut Segera Uji Senjata Nuklir Lagi

Korea Utara disebut tengah bersiap untuk kembali melakukan uji coba nuklir sewaktu-waktu.
Juli Etha Ramaida Manalu
Juli Etha Ramaida Manalu - Bisnis.com 24 Maret 2017  |  12:42 WIB
Uji tembak rudal balistik kapal selam dari bawah air dalam foto tidak bertanggal yang dirilis oleh Pusat Agensi Berita Korea Utara (KCNA) di Pyongyang, Minggu (24/4/2016). - Reuters
Uji tembak rudal balistik kapal selam dari bawah air dalam foto tidak bertanggal yang dirilis oleh Pusat Agensi Berita Korea Utara (KCNA) di Pyongyang, Minggu (24/4/2016). - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Korea Utara disebut tengah bersiap untuk kembali melakukan uji coba nuklir sewaktu-waktu.

Hal ini disampaikan oleh seorang pejabat militer Korea Selatan di tengah adanya laporan terkait kemungkinan pelaksanaan uji coba dalam beberapa hari ke depan seiring tindakan Korea Utara yang menentang tekanan internasional terhadap negara tersebut.

Pejabat militer yang menolak disebutkan namanya tersebut mengatakan sejumlah perangkat mata-mata militer milik Amerika dan Korea Selatan secara ketat memonitor lokasi uji coba nuklir milik Korea Utara bernama Punggye-ri.

"Korea Utara siap untuk melakukan uji coba nuklir sewaktu-waktu tergantung keputusan pemimpinnya. Kami mengawasi secara dekat aktivitas nuklir mereka," katanya seperti diberitakan Reuters, Jumat (24/3/2017).

Korea Selatan sendiri menyadari bahwa negara tetangganya tersebut bisa jadi melakukan uji coba senjata kapan saja pasca uji coba nuklir terakhir yang dilakukan September lalu.

Sejauh ini, Korea Utara telah melaksanakan lima kali uji coba nuklir dan serangkaian peluncuran rudal sebagai simbol pembangkangan atas sanksi yang dijatuhkan PBB.

Sejumlah pakar dan pejabat pemerintah juga mempercayai bahwa negara ini sedang mengembangkan hulu ledak nuklir yang jarak jelajahnya mampu mencapai Amerika Serikat.

Sementara itu, seberti disebutkan oleh Reuters, Fox News melaporkan bahwa pada Kamis (23/3/2017) persiapan uji nuklir selanjutnya oleh Korea Utara telah memasuki tahap akhir dan uji cobanya sendiri kemungkinan akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan.

Menurut Fox News uji coba tersebut kemungkinan akan dilakukan setidaknya pada akhir bukan ini.

Tahun lalu, Korea Utara mengklaim bahwa pihaknya mampu menempatkan hulu ledak nuklir pada rudah balistik.

Sebelumnya, baru-baru ini, Korea tampaknya gagal melakukan uji coba rudal yang disebut meledak sesaat setelah diluncurkan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korut
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top