Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ujian Kompetensi SMK Jurusan Seni Libatkan Seniman

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bagi para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan Seni memiliki keunikan.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 10 Maret 2017  |  16:25 WIB
Ilustrasi dalang - Jibiphoto/Sunaryo Haryo Bayu
Ilustrasi dalang - Jibiphoto/Sunaryo Haryo Bayu

Kabar24.com, JAKARTA – Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bagi para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan Seni memiliki keunikan.

Hal itu terlihat dari tim penilai yang berasal dari kalangan seniman, dan pakar baik dari kalangan seni lukis, seni tari, dan dalang. Bukan tanpa sebab, pemilihan juri dari kalangan seniman karena bentuk dan prospek lulusan SMK Seni sebagai bagian dari industri kreatif.

Direktur Pembinaan SMK Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dir. Pembinaan SMK Ditjen Dikdasmen Kemendikbud), M.Mustaghfirin Amin, mengatakan, SMK Seni sebagai bagian dari industri kreatif, maka penguji perlu berasal dari pakar, orang yang ahli di bidang tersebut.

“Seniman, pakar, dalang sebagai penguji siswa SMK jurusan Seni dengan pertimbangan siswa-siswa tersebut bagian dari industri kreatif, perlu orang yang ahli di bidangnya untuk menilai. Sehingga, para dalang, seniman, pematung, pengrajin, sudah tepat, karena para pakar itu tahu persis mana (siswa) yang termasuk kompeten, dan mana yang belum kompeten,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (10/3/2017).

Untuk itu, terdapat dua bentuk jenis penilaian, yaitu penilaian berdasarkan indikator yang bersifat objektif, dan penilaian berdasarkan rasa. “Mereka (para siswa) akan diberi dua slot, yaitu berbasis standar kecepatan, dan sinergi dengan pengukuran yang objektif, dan penilaian berbasis seni. Jadi, gabungan keduanya itulah yang dimaksudkan dengan kompetensi lulusan SMK jurusan Seni,” ujarnya.

UKK merupakan ujian nasional untuk SMK dengan materi uji berupa praktik, dan teori. Menurut data Panduan Penyelenggaraan UKK 2017 Direktorat Pembinaan SMK Ditjen Dikdasmen Kemendikbud, mekanisme penyelenggaraan UKK SMK Jurusan Seni termasuk ke dalam UKK Mandiri, yaitu SMK terakreditasi yang melakukan uji kompetensi secara mandiri dengan melibatkan institusi pasangan dan berorientasi pada standar kompetensi lulusan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smk seniman
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top