Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemendagri Koreksi Dua Anggaran di APBD DKI 2017, Sumarsono: Ada yang Salah

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengkoreksi dua anggaran yang diusulkan oleh DPRD DKI Jakarta. Kedua anggaran tersebut masuk dalam pos anggaran Sekretariat Dewan (Sekwan).
Plt Gubernur DKI Sumarsono/beritajakarta.com
Plt Gubernur DKI Sumarsono/beritajakarta.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengkoreksi dua anggaran yang diusulkan oleh DPRD DKI Jakarta. Kedua anggaran tersebut masuk dalam pos anggaran Sekretariat Dewan (Sekwan).

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono mengatakan, pihaknya telah menerima hasil evaluasi dari Kemendagri sejak 23 Desember lalu. Kemudian dibahas oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

"Prinsipnya bahwa pembahasan APBD itu selalu yang disusun pemda mesti dikirim ke Kemendagri untuk evaluasi. Apa yang dicoret Kemendagri. Itu berarti ada sesuatu yang salah," kata Sumarsono, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (28/12).

Dalam hasil evaluasi ada dua kegiatan yang diusulkan DPRD DKI Jakarta dikoreksi. Keduanya yakni gaji untuk sopir anggota DPRD dan perbaikan kolam ikan. Khusus untuk perbaikan kolam ikan, anggarannya dikurangi dari Rp 579 juta menjadi sekitar Rp 300 juta.

"Setahu saya yang besar ada dua yang dikoreksi. Yang pertama untuk sopir anggota dewan. Itu sudah dihilangkan. Kedua perbaikan kolam dikurangi anggarannya," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Soni ini menambahkan, anggaran untuk sopir anggota dewan semula diusulkan sebesar Rp 4 miliar. Namun karena tidak semua anggota dewan mendapatkan fasilitas kendaraan maka itu menjadi perhatian Kemendagri.

"Karena memang aturannya nggak ada pemberian mobil kepada anggota DPRD, ketua dan pimpinan saja," ucapnya.

Soni mengaku telah memberitahu kalangan dewan atas hasil evaluasi dari Kemendagri. DPRD pun menerima dengan koreksi yang dilakukan.

"DPRD juga sudah menerimanya. Karena apa yang menjadi evaluasi harus diikuti, tidak boleh ditabrak," tandasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Berita Jakarta

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper