Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SKANDAL KORUPSI KORSEL: Penyidik Panggil Rekan Presiden Park Geun-Hye

Jaksa khusus Korea Selatan memanggil Choi Soon-sil, rekan Presiden Park Geun-Hye, terkait skandal korupsi yang tengah dalam penyelidikan pada Sabtu, (24/12/2016).
Presiden Korea Selatan Park Geun-hye/Reuters
Presiden Korea Selatan Park Geun-hye/Reuters

Bisnis.com, SEOUL – Jaksa khusus Korea Selatan memanggil Choi Soon-sil, rekan Presiden Park Geun-Hye, terkait skandal korupsi yang tengah dalam penyelidikan pada Sabtu, (24/12/2016).

Pemeriksaan Choi Soon-sil yang digambarkan Park sebagai teman sejatinya, terjadi menjelang unjuk rasa kesembilan yang berlangsung setiap akhir pekan di pusat kota Seoul dengan tuntutan penggulingan segera Park.

Choi dan mantan ajudan presiden lainnya, November, dituduh dengan penyalahgunaan kekuasaan dan penipuan, namun Park memiliki kekebalan dari penuntutan selama dia menjabat sebagai presiden, meski kekuasaannya ditangguhkan.

"Tuduhan dalam surat dakwaan ini hanyalah bagian yang sangat kecil dari 14 poin yang diselidiki oleh jaksa penuntut khusus," kata Lee Kyu-chul, juru bicara regu penyidik skandal tersebut, seperti dikutip Reuters dan Antara, Sabtu (24/12/2016).

Choi akan diperiksa dengan tuduhan penyuapan dan memindahkan aset-aset yang digelapkan ke luar negeri, kata Lee dalam uraian singkatnya.

Choi yang mengenakan seragam tahanan abu-abu dan masker, dibawa ke kantor kejaksaan khusus dari ruang tahanan dengan kawalan petugas lembaga pemasyarakatan menembus kerumunan awak media.

Choi tidak menjawab pertanyaan awak media tentang tuduhannya.

Jaksa khusus memiliki waktu hingga 100 hari untuk menyelidiki tuduhan bahwa Park berkolusi dengan Choi dan para pembantunya dalam memeras para konglomerat besar untuk berkontribusi hingga 77 miliar won (64 juta dolar AS) bagi yayasan yang dibentuk untuk mendukung inisiatif kebijakan-nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper