Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JALUR PUNCAK: Antisipasi Macet, Polres Bogor Kerahkan Ratusan Personel

Kepolisian Resor Bogor Kabupaten, Jawa Barat menerjunkan ratusan personel untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas kendaraan di jalur wisata Puncak bertepatan dengan libur panjang akhir pekan ini.
lustrasi: Jalur Puncak/TMC Polda Metro
lustrasi: Jalur Puncak/TMC Polda Metro

Bisnis.com, BOGOR -  Kepolisian Resor Bogor Kabupaten, Jawa Barat menerjunkan ratusan personel untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas kendaraan di jalur wisata Puncak bertepatan dengan libur panjang akhir pekan ini.

"Polres Bogor mengerahkan 210 anggota Satlantas, dibantu 60 anggota BKO Brimob Polda Jabar, satu kompi Sabhara Polres, dan ratusan personel gabungan Polres dan jajaran Polsek," kata Kapolres Bogor Kabupaten, AKBP Andi Moch Dicky, Sabtu (10/12/2016).

Dicky menjelaskan, personel dikerahkan untuk pengamanan selama libur panjang bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada Senin (12/12).

"Selain jalur Puncak, pengamanan juga difokuskan di jalur wisata Bogor Ciawi Sukabumi atau Bocimi," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi agar tidak terjadi kemacetan parah selama libur panjang di dua objek wisata tersebut.

Jalur Puncak dan Bocimi menjadi rute yang dipadati kendaraan selama akhir pekan, apalagi libur panjang. Beberapa objek wisata yang menjadi incaran masyarakat seperti Taman Wisata Matahari, TSI dan Lido di Sukabumi.

"Kami menempatkan 270 personel di tempat-tempat yang menjadi simpul rawan kemacetan," katanya.

Ia mengatakan, setiap anggota yang disiagakan akan melaksanakan pengamanan serta pengaturan arus lalu lintas di setiap titik rawan kemacetan.

Menurutnya, kelancaran arus lalu lintas juga didukung kesadaran pengendara untuk tertib berlalu lintas, dan mematuhi rambu-rambu.

"Apabila terjadi penguncian atau kepadatan arus lalu lintas di wilayah tertantu, maka personel yang bersiaga akan diluncurkan ke lokasi tersebut untuk mengurai kemacetan," katanya.

Upaya lainnya, lanjut Dicky, Satlantas Polres Bogor Kabupaten telah menyiapkan sistem buka tutup di jalur Puncak selama libur panjang. Sistem buka tutup diberlakukan mulai dari tanggal 10 sampai 12 Desember 2016.

Buka tutup dilakukan pagi pukul 07.30 WIB sampai 11.00 WIB untuk kendaraan dari Jakarta menuju Puncak/Cianjur.

Dari pukul 11.00 sampai 14.00 WIB, jalur diberlakukan normal dua arah dan persiapan untuk satu arah menuju Jakarta dari pukul 14.00 sampai 18.00 WIB.

"Sistem buka tutup diberlakukan situasional, dilihat dari kepadatan arus lalu lintas saat itu," katanya.

Dicky mengimbau kepada masyarakat yang hendak berlibur ke Puncak dan Bocimi untuk mematuhi aturan lalu lintas dan berhati-hati saat berkendaraan dengan memastikan kondisi kendaraan sebelum memulai perjalanan.

"Mengingat cuaca saat ini sering turun hujan, masyarakat diimbau untuk berhati-hati, karena dapat menyebabkan jalan lincin dan rawan kecelakaan," katanya.

Berdasarkan data dari Pintu Tol Ciawi, jumlah kendaraan yang bergerak menuju Puncak sudah meningkat sejak Jumat (9/12) malam. Tercatat ada 11.890 kendaraan yang keluar, jumlah ini meningkat 2.325 kendaraan atau 124 persen dari lalu lintas harian yakni 9.565 kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper