Pemerintah Optimalkan Seluruh Potensi untuk Reformasi Birokrasi

Pemerintah harus mengoptimalkan seluruh potensi yang dimiliki agar dapat melaksanakan reformasi birokrasi secara efektif dan berkelanjutan.
Lili Sunardi | 02 Desember 2016 15:20 WIB
Ilustrasi - Bisnis

Kabar24.com, JAKARTA—Pemerintah harus mengoptimalkan seluruh potensi yang dimiliki agar dapat melaksanakan reformasi birokrasi secara efektif dan berkelanjutan.

Asman Abnur, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), mengatakan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi membuat persaingan di tingkat global lebih terasa. Untuk itu, pemerintah harus mengoptimalkan seluruh sumber daya yang ada, agar dapat mengantisipasinya.

“Tentu kami tidak ingin sekedar menjadi penonton dan konsumen, makanya kami harus memperbaiki  seluruh potensi yang ada,” katanya, Jumat (2/12).

Asman menuturkan reformasi birokrasi harus terus berjalan dalam kondisi apapun. Hal itu membuat pemerintah menyiapkan berbagai jalan keluar dari permasalahan yang muncul.

Menurutnya, birokrasi harus terus berubah agar tetap dapat menjawab tantangan global. Perubahan itu dapat dimulai dari hal kecil dan dalam diri birokrat yang semakin kompeten, serta memiliki daya saing yang kuat.

“Reformasi birokrasi adalah proses yang panjang, sehingga pengelolaannya harus dilakukan secara terpadu, komprehensif, dan inklusif,” ujarnya.

Asman juga menyebut reformasi birokrasi saat ini harus mendorong peningkatan pelayanan publik, e-government, dan e-budgeting.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
reformasi birokrasi, kemenpan rb

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top