Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Amerika Cabut, Kemitraan Trans-Pasifik Bubar?

Kemitraan Trans-Pasifik (TPP) tidak ada artinya tanpa partisipasi Amerika Serikat, kata Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe setelah Presiden AS terpilih Donald Trump menyatakan akan mengeluarkan AS dari kesepakatan dagang trans-Pasifik itu.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 22 November 2016  |  11:03 WIB
PM Jepang Shinzo Abe - Reuters
PM Jepang Shinzo Abe - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Kemitraan Trans-Pasifik (TPP) tidak ada artinya tanpa partisipasi Amerika Serikat, kata Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe setelah Presiden AS terpilih Donald Trump menyatakan akan mengeluarkan AS dari kesepakatan dagang trans-Pasifik itu.

Abe, yang menghadiri pertemuan para pemimpin TPP di Lima, mengungkapkan bahwa pertemuan itu tidak membahas TPP jalan terus tanpa kehadiran AS.

Kepada wartawan di Buenos Aires, Argentina, hari ini, Selasa (22/11/2016), Abe berkata, "TPP tak akan berarti apa-apa tanpa Amerika Serikat."

Pada Senin (21/11/2016) waktu AS, Trump merilis video yang menjabarkan langkah-langkah kebijakannya pada hari pertama dia resmi berkuasa 20 Januari tahun depan dengan mengeluarkan AS dari TPP.

Selama kampanye Pilpres lalu, Trump menyebut kesepakatan perdagangan bebas 12 negara itu sebagai bencana yang membunuh lapangan kerja, demikian Reuters.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat shinzo abe Donald Trump

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top