Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ahok Tersangka, Berkas Perkara Ditarget Selesai 3 Pekan

Kepolisian menargetkan berkas perkara penistaan agama dengan tersangka gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) lengkap paling lama dalam tiga pekan.
Boy Rafli Amar/Reuters-Iqro Rinaldi
Boy Rafli Amar/Reuters-Iqro Rinaldi

Kabar24.com, JAKATA - Kepolisian menargetkan berkas perkara penistaan agama dengan tersangka gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) lengkap paling lama dalam tiga pekan.

"Saat ini fokus penerimaan berkas-berkas saja. Mudah-mudahan bisa secepatnya. Targetnya paling lama tiga minggu," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Dikatakan, bahwa saat ini polisi antara lain melengkapi Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

"Misalnya, dengan pemeriksaan saksi yang belum tuntas dalam format berita acara saksi," tuturnya.

Polisi, menurut dia, selanjutnya akan menjadwalkan pemeriksaan Ahok sebagai tersangka.

"Karena pemeriksaan terdahulu lebih kepada saksi, belum pada kapasitas tersangka. Penyidik akan menjadwalkan dalam waktu yang tidak lama lagi," ucap Boy.

Dijelaskan pula, bahwa pemeriksaan terhadap saksi sekarang sudah lengkap dan polisi fokus menyelesaikan berita acara pemeriksaannya.

"Sekarang ini tinggal fokus dengan format berita acara, karena bisa jadi kemarin itu belum mengikuti format. Kemarin juga ada beberapa berita acara yang hanya interview, harus lebih lengkap lagi aspek-aspek informasi yang harus digali," ujarnya.

Polisi menetapkan Ahok sebagai tersangka kasus penistaan agama karena pernyataan yang dia sampaikan di hadapan warga Kepulauan Seribu pada 27 September 2016, ketika dia mengutip Alquran Surat Al Maidah 51, dianggap mengandung unsur penistaan/penodaan agama.

Sesuai peraturan Komisi Pemilihan Umum, penetapan Ahok sebagai tersangka tidak membatalkan statusnya sebagai calon gubernur yang akan mengikuti pemilihan kepala daerah 2017.

Ahok pun melanjutkan kegiatan kampanyenya bersama calon wakil gubernur pasangannya, Djarot Saiful Hidayat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper