Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Riau Gandeng Kementerian Lembaga Kembangkan SDM

Pemprov Riau memanfaatkan idle asset atau aset kurang produktif dan berkomitmen mendorong pengembangan sumber daya manusia di daerahnya, dengan menggandeng kementerian dan lembaga di tingkat pusat.

Kabar24.com, PEKANBARU -- Pemprov Riau memanfaatkan idle asset atau aset kurang produktif dan berkomitmen mendorong pengembangan sumber daya manusia di daerahnya, dengan menggandeng kementerian dan lembaga di tingkat pusat.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan di wilayahnya ada beberapa idle asset yang belum optimal penggunaannya, sehingga diputuskan pemanfaatan aset itu untuk mendorong kompetensi SDM tenaga kerja setempat.

"Untuk bisa bersaing di tingkat global saat ini tenaga kerja harus punya kemampuan dan daya saing, dan Riau punya banyak idle asset, karena itu kami sekarang gencar menggandeng kementerian dan lembaga untuk membantu memanfaatkannya," katanya Selasa (8/11).

Andi, sapaan akrab gubernur, mengatakan beberapa kementerian dan lembaga yang sudah sepakat mengelola dan memanfaatkan idle asset untuk mendorong sumber daya manusia di Riau itu di antaranya Kementerian Perindustrian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan lainnya.

Dengan Kementerian Perindustrian, pemprov mendorong pengoperasian Balai Latihan Kerja Provinsi Riau di Kota Dumai, agar dapat menjadi wadah peningkatan kemampuan tenaga kerja yang sesuai kebutuhan industri setempat.

Lalu dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pemprov mengoperasikan kembali Terminal Agro dan Politeknik Maritim sebagai pendidikan SDM bidang kelautan dan maritim yang dibutuhkan daerah.

Ada pula pengembangan kompetensi pilot dan penerbang lewat pelatihan dengan memanfaatkan bandara perintis Japura, Rengat, Indragiri Hulu.

"Ada beberapa lagi kerja samanya, semua itu memanfaatkan aset pemprov yang selama ini statusnya idle atau kurang produktif, agar bermanfaat bagi daerah tentunya," katanya.

Selain meminta partisipasi kementerian dan lembaga, pemprov juga mendorong perusahaan daerah dan swasta ikut meningkatkan kemampuan pekerja dengan pelatihan dan sertifikasi.

Seperti partipasi PT Sarana Pembangunan Riau (SPR) yang akan akan menggelar program sertifikasi pemboran minyak bagi pekerja di daerah itu.

Kalangan pengusaha juga diharapkan mau berpatisipasi dengan mendukung program pemerintah Provinsi Riau seperti promosi dan mengembangkan

Sementara itu Ketua Umum Kadin Riau Juni Ardianto Rachman mengatakan pihaknya juga ikut mendukung program Pemprov Riau dan mendorong realisasi investasi daerah itu pada tahun depan.

"Kadin berkomitmen mendukung program Pemprov Riau dan kami berharap realisasi investasi di Riau bisa bertambah pada tahun depan," katanya.

Untuk membantu realisasi hal itu, pemeritah daerah diminta komitmen untuk mempermudah pemberian izin, sebagaimana yang telah diterapkan beberapa tahun belakangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper