Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Unpad Resmi Tutup Jenjang D3

Universitas Padjajaran, Jawa Barat, memastikan telah menutup program Diploma 3 (D3) pada tahun ajaran 2016-2017.
Miftahul Khoer
Miftahul Khoer - Bisnis.com 07 November 2016  |  16:09 WIB
Rektorat Universitas Padjajaran (Unpad) - unpad.ac.id
Rektorat Universitas Padjajaran (Unpad) - unpad.ac.id

Kabar24.com, DEPOK- Universitas Padjajaran, Jawa Barat, memastikan telah menutup program Diploma 3 (D3) pada tahun ajaran 2016-2017.

Direktur Pendidikan Universitas Padjajaran Budi Setiabudiawan mengatakan program yang tersedia di kampus tersebut minimal hanya Diploma 4 (D4).

"Jadi kami tidak menerima pendaftaran lagi untuk D3. Sekarang minimal adanya D4," ujarnya dalam Kongres ke-3 Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia di Universitas Indonesia, Senin (7/11/2016).

Menurutnya, meningkatkan D3 ke D4 dilakukan untuk memudahkan jenjang lulusan bisa melanjutkan ke S1. Sebab, kata dia, lulusan D4 memiliki gelar sarjana terapan yang sama dengan lulusan S1.

Keuntungan lain, kata dia, lulusan D4 bakal mudah bekerja seperti halnya lulusan S1 yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan.

Menurutnya, mulai tahun depan penerimaan D4 dibuka melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang sebelumnya hanya melalui jalur khusus.

Adapun, prodi baru untuk D4 yang dibuka kampus tersebut antara lain Akuntansi Perpajakan, Administrasi Pemerintahan, Administasi Publik, Bahasa dan Budaya Tiongkok dan Manajemen Produksi Media.

Sementara itu, jenjang D3 yang sudah ditutup antara lain prodi Administrasi, Administrasi Perpajakan, Akuntansi, Analis Kimia, Kebidanan, Hubungan Masyarakat, Manajemen Informatika dan lainnya.

"Ada sekitar 20 untuk prodi D3, saat ini sudah tidak kami buka lagi dan untuk yang sedang berjalan biar mereka lulus dulu," paparnya. 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

unpad
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top