Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa Perlu Ilmu Perkoperasian Sebagai Bekal ke Masyarakat

Mahasiswa perlu mendapat pengetahuan mengenai koperasi sebagai bekal nanti setelah lulus kuliah bisa menjadi wirausahawan maupun pihak yang mendapatkan manfaat dari koperasi tersebut.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, TANGSEL-Mahasiswa perlu mendapat pengetahuan mengenai koperasi sebagai bekal nanti setelah lulus kuliah bisa menjadi wirausahawan maupun pihak yang mendapatkan manfaat dari koperasi tersebut.

Mutmainah, mahasiswa smester akhir Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, mengatakan dirinya membutuhkan ilmu mengenai perkoperasian walaupun cita-citanya menjadi guru.

“Walaupun saya ingin jadi guru dan bukan entrepreneur, tetapi ilmu koperasi saya butuhkan untuk nanti membangun atau mengembangkan koperasi di sekolah, termasuk kalau ingin bergabung ke suatu koperasi,” katanya, Senin (10/10/2016).

Menurutnya, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Koperasi Mahasiswa (Kopma) UIN Jakarta pada akhir pekan lalu menggelar kegiatan sharing dan up grading perkoperasian yang diikuti Kompa se-Jabodetabek dan Banten.

Sementara itu Angga Bhakti Kusuma, Dewan Koperasi Indonesia, pembicara dalam acara tersebut mengatakan kebanyakan mahasiswa belum mengetahui tentang arti dan manfaat koperasi.

Padahal, lanjutnya, dengan basis keilmuan yang mahasiswa peroleh di bangku perkuliahan, sesunguhnya dapat memicu sumber daya yang potensial untuk mengembangkan usaha dan koperasi.

Selain itu, dengan dibekali ilmu kewirausahaan di dalam koperasi, dapat menjadikan  mahasiswa  yang kelak setelah lulus kuliah menjadi pengusaha yang profesional atau dapat menciptakan peluang usaha yang kreatif dan inofatif.

“Setelah lulus kuliah bias menjadi pengusaha yang profesional dan dapat menciptakan peluang usaha yang kreatif dan inofatif, sehingga tidak bergantung pada lapangan kerja formal,” ujarnya dalam situs resmi UIN Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper