Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemendikbud Beri Penghargaan 54 Budayawan

Sebanyak 54 budayawan akan menerima penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam kegiatan apresiasi Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi 2016.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi

Kabar24.com, JAKARTASebanyak 54 budayawan akan menerima penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam kegiatan apresiasi Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi 2016.

Penyerahan Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi 2016 akan diberikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy pada Jumat (23/9/2016) esok di Gedung Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki.

Penerima Anugerah dan Penghargaan yang berjumlah 54 orang tersebut terdiri dari sembilan kategori, yaitu: Gelar Tanda Kehormatan dari Presiden RI Kelas Bintang Budaya Parama Dharma; Gelar Tanda Kehormatan dari Presiden RI Kelas Satyalancana Kebudayaan; Pencipta, Pelopor, dan Pembaru; Pelestari; Maestro Seni Tradisi; Anak dan Remaja; Pemerintah Daerah; Media; Komunitas dan Perorangan Asing.

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan, apresiasi dalam bentuk anugerah kebudayaan maupun penghargaan kepada maestro seni tradisi menjadi simbol dalam memaknai momen penghargaan.

Ini menjadi salah satu bukti bahwa para budayawan dan Kemendikbud memiliki komitmen untuk terus melestarikan dan mengembangkan budaya Indonesia.

Ia menuturkan, maestro karya seni tradisi yang langka dan masih aktif melakukan kegiatan dalam rangka melestarikan seni tradisi hingga 25 tahun atau lebih, dan berusia di atas 60 tahun, akan diberi dana tunjangan untuk kontinuitas tradisi hingga akhir hayat.

Karya budaya yang dihasilkan tak lepas dari nilai budaya masyarakat setempat, apalagi jika karya tersebut telah hidup bertahun-tahun.

“Ini adalah salah satu bentuk penghargaan dari pemerintah untuk melestarikan kebudayaan Indonesia,” ujar Hilmar seperti dikutip dalam laman resmi Kemdikbud, Kamis (22/9/2016).

Kegiatan apresiasi Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi telah diselenggarakan Kemendikbud sejak tahun 2012.

Demi mengapresiasi masyarakat serta memberi kontribusi terhadap upaya pelestarian dan pengembangan kebudayaan Indonesia, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud menyelenggarakan kegiatan tahunan ini. Kegiatan ini juga menjadi program apresiasi dalam kerangka penguatan karakter bangsa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper