Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIBUR PANJANG IDUL ADHA: Jalur Puncak-Cianjur Padat

Antrean terlihat di sejumlah titik rawan macet seperti Pertigaan Hanjawar, Kebun Raya Cibodas dan Pasar Cipanas, Minggu (11/9/2016).
Ilustrasi/TMC Polda Metro
Ilustrasi/TMC Polda Metro

Bisnis.com, CIANJUR - Kepadatan lalu lintas terjadi di sejumlah lokasi yang dilalui para pengguna jalan yang memanfaatkan libur panjang hingga Hari Raya Idul Adha 12 September, besok.

Jalur Puncak-Cianjur, Jabar, padat dilalui kendaraan dengan ciri khas mudik sejak dini hari hingga sore hari. Antrean terlihat di sejumlah titik rawan macet seperti Pertigaan Hanjawar, Kebun Raya Cibodas dan Pasar Cipanas, Minggu (11/9/2016).

Volume kendaraan dengan ciri khas mudik didominasi kendaraan roda dua. Sejumlah titik rawan di Jalur By Pass, Cianjur, sempat terlihat antrean kendaraan dengan laju tersendat.

Jalur menuju luar kota seperti Bandung dan Sukabumi, terlihat pemandangan yang sama dengan volume kendaraan meningkat tajam dibanding hari-hari biasanya.

"Untuk siang ini, kita telah melakukan sejumlah rekayasa arus untuk menghindari terjadinya antrean panjang kendaraan menuju luar kota atau sebaliknya. Sedangkan di Jalur Puncak di sejumlah titik rawan macet laju kendaraan mulai tersendat, sehingga kami menurunkan anggota lebih banyak," kata Kabag Ops Polres Cianjur Kompol Hilman di Cianjur, Minggu.

Dia menjelaskan, memasuki H-1 Hari Raya Idul Adha, pihaknya menyiagakan anggota di sepanjang jalur Puncak hingga perbatasan dengan Bandung dan Sukabumi, termasuk anggota dari masing-masing polsek diperbantukan.

"Peningkatan volume kendaraan sudah terlihat sejak beberapa hari terakhir, namun untuk hari ini diperkirakan puncak arus mudik Lebaran Idul Adha akan terjadi, sehingga sejak pagi kami melakukan sejumlah rekayasa arus di sejumlah titik termasuk di Jalur Cianjur-Bandung," katanya.

Sementara menjelang sore di jalur Puncak-Cipanas, antrean kendaraan mulai terlihat memanjang dengan laju kendaraan tersendat, terjadi di tiga titik Pertigaan Hanjawar, Pasar Cipanas dan Jalan Raya Pasekon, di mana banyak terdapat rumah makan dan hotel.

Meskipun sempat mencair, dalam hitungan menit antrean kembali terlihat seiring terus bertambahnya volume kendaraan pemudik yang berbaur dengan kendaraan pendatang yang hendak menghabiskan libur panjang hari raya di kawasan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper