Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ikatani Fakultas Pertanian UNS Gelar Munas & Reuni Akbar, 17-18 September

Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Pertanian (Ikatani) Universitas Sebelas Maret Surakarta akan menggelar Musyawarah Nasional dan Reuni Akbar pada 17-18 September 2016. Akan diselenggarakan serangkaian kegiatan yang ditujukan untuk alumni, universitas dan masyarakat.
Fakultas Pertanian UNS/Istimewa
Fakultas Pertanian UNS/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -  Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Pertanian (Ikatani) Universitas Sebelas Maret Surakarta akan menggelar Musyawarah Nasional dan Reuni Akbar pada 17-18 September 2016. Akan diselenggarakan serangkaian kegiatan yang ditujukan untuk alumni, universitas dan masyarakat.

Menurut Sri Kusrini Maruti, Sekretaris Panitia Munas dan Reuni Akbar Ikatani, hajatan akbar itu adalah kiprah para alumni dari angkatan 1976 hingga 2010. “Jadi bisa dikatakan (ini reuni) 4 dekade, dengan satu tekad  mengangkat nama alumni yang lebih solid di mata masyarakat,” ujar Ruthy, panggilan Sri Kusrini Maruti, melalui pesan tertulis kepada Bisnis.com, Selasa (16/8).

Rangkaian kegiatan Munas dan Reuni tersebut akan terdiri dari ekspo, sarasehan, dan Munas. Sedikitnya, 1.200 alumni sudah mendaftarkan diri untuk hadir dalam rangkaian acara yang dipusatkan di kampus Fakultas Pertanian, Kentingan, Surakarta itu, kata Ruthy.

Berdasarkan keterangan Ruthy, rangkaian kegiatan Munas dan Reuni Akbar itu meliputi:

 1. Expo Alumni. Kegiatan ini akan digelar tanggal 16 hingga 18 sept 2016, yang akan menampilkan stand karya atau produk alumni dari segala bidang usaha. Produk yang dipamerkan tidak hanya terbatas pada produk pertanian saja, namun juga jasa kuliner, produk fashion hingga jasa lainnya seperti travelling dan design vertikal garden.

2. Musyawarah Nasional Alumni. Acara ini digelar pada 17 Sept 2016 mulai dari pagi sampai sore. Masing-masing angkatan akan mewakilkan 6 orang dalam Munas tersebut, untuk menggodok AD/ART dan perubahan nama IKATANI. Berdasarkan ketentuan Rektorat, singkatan  IKA (ikatan keuarga alumni) hanya boleh dipakai untuk tingkat universitas. “Karena itu kami keluarga alumni tingkat fakultas harus mencari nama yang lain,” ujarnya.

3. Sarasehan Alumni. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 17 September malam, yang akan menampilkan 6 pembicara dari alumni yang mewakili berbagai unsur profesi antara lain Pipie Soeyoto (Pendiri & CEO PT Huda Rachma Grupindo), Budi Prakoso WN (East Regional Head Manager PT Tanindo Intertraco & PT BISI Internasional Tbk), Hanggoro Susanto (Presdir PT Praja Agro Indoland), Rohadi Widodo (Wakil Bupati Karanganyar), Tardi (Direktur Micro & Business Banking Bank Mandiri), dan Arif Budisusilo (Pemimpin Redaksi Harian Bisnis Indonesia). Sarasehan akan mengangkat tema sinergi antara alumni dan alumni, alumni dan universitas serta alumni untuk masyarakat.

4. Reuni Akbar. Acara ini akan digelar pada  18 September 2016.  Sejauh ini peserta yang sudah konfirmasi hadir sebanyak 1.219 orang, melebihi dari target  1.000 peserta. Pada Reuni Akbar tersebut juga akan dibagikan 10.000 bibit pohon untuk masyarakat Wonogiri, yang rencananya akan diterima secara simbolik oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo.

“Dari segi donatur pun alhamdulillah, alumni dengan mudah mengulurkan bantuan demi suksesnya acara. Tak lupa kami ucapkan terimakasih kepada corporate yang telah bersedia menjadi sponsor yaitu BRI, BISI Internasional Tbk, Agri Makmur Pertiwi dan Tunas Agro Persada,” kata Maruti.

Dekan Fakultas Pertanian UNS Prof Bambang Pudjiasmanto berharap Munas dan Reuni Akbar itu dapat mempererat tali silaturahim sesama alumni dan meningkatkan komunikasi alumni. Dengan demikian, diharapkan akan diperoleh masukan-masukan terkait sarana prasarana pendidikan untuk  mahasiswa, termasuk laboratorium, serta dapat membantu bea siswa bagi mahasiswa yang kurang mampu. 

“Juga masukan-masukan yang terkait dengan kurikulum agar lulusan Faperta UNS mempunyai daya saing tinggi dalam memasuki dunia kerja setelah lulus, unggul pada era globalisasi, khususnya di era Masyarakat Ekonomi Asean,” kata Prof Bambang.

Sedangkan Wakil Dekan Fakultas Pertanian UNS Joko Sutrisno mengharapkan Munas dan Reuni Akbar itu  menjadi forum untuk reorganisasi ikatan alumni disesuaikan dengan AD & ART IKA UNS, serta reorganisasi kepengurusan.  “Ke depan berharap alumni lebih berperan untuk kepentingan alumni, mendukung program-program almamater dan berperan dalam pengabdian pada masyarakat,” ujarnya.

Fakultas Pertanian UNS berdiri pada tahun 1976. Hingga tahun 2015, Fakultas Pertanian UNS memiliki 6 program studi S1 yaitu Agroteknologi, Agribisnis, Peternakan, Ilmu dan Teknologi Pangan, Penyuluhån dan Komunikasi Pertanian dan Ilmu Tanah. Fakultas Pertanian UNS juga memiliki Program Studi Diploma III, yakni Teknologi Hasil Pertanian dan Agribisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper