Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mastera Dorong Penulis Muda Aktif di Komunitas Kesastraan

Program Penulisan Majelis Sastra Asia Tenggara (Mastera) yang digelar di Cianjur, sangat berpotensi meningkatkan kreativitas penulis muda. Selain itu, diharapkan dapat memberikan efek terhadap komunitas.
Ilustrasi/Govloop
Ilustrasi/Govloop

Bisnis.com, JAKARTA - Program Penulisan Majelis Sastra Asia Tenggara (Mastera) yang digelar di Cianjur, sangat berpotensi meningkatkan kreativitas penulis muda. Selain itu, diharapkan dapat memberikan efek terhadap komunitas.

Program Penulisan Mastera: Novel digelar di Cianjur Jawa Barat pada 1 Agustus hingga 13 Agustus 2016. Sebanyak 17 penulis menjadi peserta setelah melalui berbagai seleksi. Mereka terdiri dari 13 penulis dari Indonesia, 2 penulis dari Malaysia, dan tiga penulis dari Brunei Darussalam.

Seperti dikutip dari website Badan Bahasa Kemdikbud pada Rabu (9/8), Ketua Pelaksana dan Sekretaris Mastera Indonesia, Ganjar Harimansyah, mendorong penulis muda untuk aktif dalam komunitas kesastraan dan kepenulisan. Sehingga, diharapkan dapat menularkan pengalaman dan ilmu yang diperoleh dari program ini.

Ada empat pembimbing yang hadir dalam program ini diantaranya, Ahmad Tohari, Agus R. Sardjono, Triyanto Triwikromo, dan Abidah El Khailaqy. Adapun, dari Malaysia hadir Kamariah binti Kamarudin. Sedangkan dari Brunei Darussalam hadir Norsiah Abdul Gapar.

"Kiprah penulis yang telah mengikuti program ini juga sudah banyak. Program ini tidak sekadar pelatihan, tetapi juga penjalinan ukhuwah antarpenulis di negara anggota Mastera," tuturnya.

Mastera beranggotakan Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Indonesia diwakili oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program yang terselenggara sejak 1997 ini, tidak hanya fokus pada novel, tetapi juga esai, puisi, cerpen, dan naskah drama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper