Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 5 Pesan Menteri Agama bagi Jamaah Haji

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberikan lima pesan khusus kepada jamaah haji Indonesia 1437H/2016 yang memulai pemberangkatan pada hari ini.
Calon jamaah haji /ANTARA
Calon jamaah haji /ANTARA

Kabar24.com, JAKARTA---Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberikan lima pesan khusus kepada jamaah haji Indonesia 1437H/2016 yang memulai pemberangkatan pada hari ini.

Pertama, Lukman berpesan agar jamaah haji menjaga kesehatan untuk selalu prima dalam melakukan ibadah.

"Jemaah agar bisa jaga kesehatan dengan baik. Cuaca di sana jauh lebih panas. Pintar bawa diri, jalankan pola hidup sehat, konsumsi makanan dengan teratur, dan perbanyak konsumsi air," katanya, dilansir dari laman Kementerian Agama, Selasa (9/8/2016).

Kedua, Lukman berharap agar jemaah mempelajari manasik haji dengan baik. Dia meminta jamaah fokus pada rukun dan wajib haji, serta tidak terlalu terforsir pada hal yang sifatnya sunah atau afdlaliyah (keutamaan).

Ketiga, jamaah diharapkan mengikuti peraturan yang ada dengan mengikuti petunjuk dan arahan dari Ketua Regu (karu), Ketua Rombongan (Karom), Ketua Kloter, serta petugas haji.

"Peraturan dibuat untuk kemasalahatan bersama. Peraturan bukan untuk kepentingan orang per orang. Mohon patuhi peraturan yang dibuat semata demi kemaslahatan bersama," pesannya.

Keempat,Lukman mengharapkan setiap jamaah membawa nama baik Indonesia sebagai duta bangsa.

Terakhir, Menag mengajak para jamaah untuk berdoa. Selain doa untuk diri sendiri, Menag mengajak jamaah mendoakan tetangga, masyarakat, serta kebaikan bangsa dan negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper