Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

12 Situs Baru Ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia

Komite Warisan Dunia pada Minggu malam sepakat menempatkan 12 situs baru di Daftar Warisan Dunia sebelum mengakhiri sesi ke-40 di Istanbul, Turki.
Situs megalitik di Lore Lindu/flickr
Situs megalitik di Lore Lindu/flickr

Kabar24.com, JAKARTA- Komite Warisan Dunia pada Minggu malam sepakat menempatkan 12 situs baru di Daftar Warisan Dunia sebelum mengakhiri sesi ke-40 di Istanbul, Turki.

Ditambah sembilan lain yang disetujui Jumat, sesi tersebut menempatkan total 21 dari 27 nominasi tahun ini pada daftar bergengsi itu.

Dengan total 21 tambahan situs baru yang terdiri atas 12 situs budaya, enam situs alam serta tiga situs alam dan budaya, kini daftar warisan dunia meliputi  1.052 situs di 165 negara.

Kondisi konservasi dari 155 properti diperiksa selama sesi, dengan lima situs di Libya serta satu di Uzbekistan dan Mali tercatat dalam kondisi Bahaya di Daftar Warisan Dunia.

Selain itu satu situs di Georgia telah dihapus dari daftar situs terancam punah, sementara situs Nan Madol, atau Pusat Perayaan Mikronesia Timur di Negara Federasi Mikronesia tercatat masuk Daftar Dalam Bahaya di Daftar Warisan Dunia.

Sesi ke-40 dimulai pada 10 Juli dan dikurangi empat hari karena pecahnya upaya kudeta di Turki pada Jumat malam.

Komite warisan, panel bawah badan kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa UNESCO, memutuskan untuk membahas item yang belum selesai dalam agenda pertemuan luar biasa yang akan diadakan di Paris hari kemudian. Sesi ke-41 dijadwalkan berlangsung Juli 2017 di Cracow, Polandia.

Komite Warisan Dunia dibentuk tahun 1977 untuk menegakkan Konvensi Warisan Dunia dan mengelola daftar warisan yang dibuat berdasarkan konvensi, demikian seperti dilansir kantor berita Xinhua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper