Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sikapi Laut China Selatan, Vietnam Berencana Beli Lockheed

Vietnam dan Korea Selatan sepertinya serius dalam mempertimbangkan pembelian Lockheed Martin Corp P-3 dan S-3 maritime surveillance yang diperbaharui guna menangkal perkembangan militer China dan peluncuran misil Korea Utara yang berlangsung berulang kali.
Lockheed Martin Corp P-3/ Lockheed Martin Corp P-3
Lockheed Martin Corp P-3/ Lockheed Martin Corp P-3

Kabar24.com, BERLIN— Vietnam dan Korea Selatan sepertinya serius mempertimbangkan pembelian Lockheed Martin Corp P-3 dan S-3 maritime surveillance yang diperbaharui, guna menangkal perkembangan militer China dan peluncuran misil Korea Utara yang berlangsung berulang kali.

Senior Executive Divisi Aeronautika Lockheed Clay Fearnow mengatakan Vietnam akan meminta data harga resmi dan ketersediaan empat hingga enam unit pesawat P-3 Orion dalam beberapa bulan ke depan.

Pemerintahan Obama yang pada bulan lalu berusaha untuk mencabut sepenuhnya embargo atas Vietnam memungkinkan terjadinya transaksi tersebut. Namun, menurut pejabat Amerika dan Lockheed, pemerintah Amerika masih harus meninjau secara cermat mengenai kesepakatan lebih lanjut.

Seorang pejabat militer senior Vietnam mengatakan pembelian senjata yang signifikan tersebut tidak benar. “Kami tidak yakin mengenai apa yang bisa kami beli dan apa yang ingin kami beli dari Amerika,” kata Wakil Menteri Pertahanan Nguyen Chi Vinh seperti dikutip dari Reuters, Senin (6/6/2016).

Keputusan Amerika untuk mengizinkan penjualan senjata mematikan kepada Vietnam yang merupakan mantan musuhnya, dilandasi oleh kekhawatiran yang sama dari kedua negara mengenai bertumbuhnya kekuatan militer Amerika.

Fearnow mengatakan jika transaksi tersebut terealisasi, pesawat Navy P-3 Turboprop milik AS yang sudah pensiun akan kambali dioperasikan dengan sayap dan sistem misi baru serta peralatan anti kapal selam.

Pembaharuan pesawat P-3 untuk Taiwan beberapa tahun lalu menelan biaya lebih dari US$80 juta hingga US$90 juta per unit.

Lockheed telah memperbaharui lebih dari 90 unit pesawat P-3 untuk pesanan di seluruh dunia termasuk di AS, Norwegia, Taiwan, Chili, dan Jerman sejak 2008, sementara beberapa pesanan lain masih dikerjakan.

Brasil dan Korea Selatan juga berencana memesan sayap baru untuk kapal yang sudah ada.

Boeing CO juga menawarkan pesawat pengintai maritimnya, P-Poseidon, Namun, pesawat ini jauh lebih baru dan harganya jauh lebih murah dari P-3. Produk lainnya yang mungkin menjadi kmpetitor adalah SE’s C295 dari Airbus yang dibangun di Spanyol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper