Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MAY DAY: Polres Sidoarjo Adakan Khitanan Massal Khusus Anak Buruh

Pendekatan pengamanan terhadap para buruh menjelang hari buruh atau May Day pada 1 Mei dilakukan dengan berbagai cara. Di antaranya dengan pendekatan soft power.
Ilustrasi: Buruh sedang bekerja
Ilustrasi: Buruh sedang bekerja

Kabar24.com, JAKARTA - Pendekatan pengamanan terhadap para buruh menjelang hari buruh atau May Day pada 1 Mei dilakukan dengan berbagai cara. Di antaranya dengan pendekatan "soft power."

Di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, polres setempat menyelenggarakan acara khitanan massal.

Hasilnya puluhan anak buruh yang ada di Kabupaten Sidoarjo mengikuti khitanan massal yang diselenggarakan polres setempat dalam rangka memperingati hari buruh internasional atau May Day tersebut.

Kepala Kepolisian Resor Sidoarjo Ajun Komisaris Besar Polisi Anwar Nasir, Jumat (29/4/2016), mengatakan pada peringatan hari buruh ini ada 32 anak buruh dikhitankan secara massal.

"Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas kami dalam membantu meringankan beban para buruh yang anak-anaknya belum dikhitan," katanya di sela kegiatan khitanan massal di Polres Sidoarjo.

Ia mengemukakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tindak lanjut dari instruksi yang dikeluarkan oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Anton Setiadji untuk melaksanaan khitanan massal bagi anak-anak buruh.

"Kami menindaklanjuti pertemuan antara kepolisian dengan buruh beberapa waktu lalu di Gedangan yang membahas pelaksanaan khitanan massal ini," katanya.

Ia mengatakan dalam khitanan massal tersebut pihaknya juga memberikan bantuan berupa baju koko, songkok, dan uang saku yang diberikan kepada peserta khitan.

"Kami berharap dengan adanya pemberian bantuan tersebut akan memberikan semangat kepada para peserta khitan massal agar lebih bersemangat lagi," katanya.

Sementara itu, terkait pelaksanaan kegiatan hari buruh ini Polres Sidoarjo akan mengerahkan 500 personel untuk pengamanan.

"Kami sudah melakukan cek semua perlengkapan kendaraan taktis dan personel untuk pengamanan May Day di daerah ini," katanya.

Sebelumnya Polres Sidoarjo telah melakukan pendekatan kepada para buruh di Sidoarjo dengan cara diskusi dan menampung aspirasi mereka.

Selanjutnya, aspirasi mereka disampaikan kepada para pemangku kepentingan seperti Pemkab dan Dinsosnaker Sidoarjo.

"Kami siap untuk mengamankan May Day dengan cara melakukan pengawalan, dan kami juga sudah koordinasi dengan Polres Pasuruan maupun Polres Mojokerto apabila ada kegiatan buruh yang akan melewati kota Sidoarjo dengan tujuan ke Surabaya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper