Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bankir Terkaya Dunia Dituduh Terlibat Penyuapan

Penuntut Umum Brasil menuduh Joseph Safra, bankir terkaya dunia, terkait dengan upaya penyuapan kepada pejabat pemerintah sebagai imbalan pembebasan utang pajak.
Joseph Safra/Reuters
Joseph Safra/Reuters

Kabar24.com, BRASILIA - Penuntut Umum Brazil menuduh Joseph Safra, bankir terkaya dunia, terkait dengan upaya penyuapan kepada pejabat pemerintah sebagai imbalan pembebasan utang pajak.

Dalam sebuah pernyataan oleh penuntut umum seperti dikutip dari Reuters, Jumat (1/4/2016) Safra mengetahui rencana para eksekutif Banco Safra SA, bank lokal Brasil, pada 2014 untuk memberi suap senilai 15,3 juta reais (US$4,2 juta) kepada auditor pajak negara.

Tuduhan ini didasarkan pada hasil penyadapan panggilan telepon antara eksekutif Banco Safra João Inácio Puga dengan petugas pajak, seperti terdapat dalam pernyataan tersebut.

Safra, yang bersama keluarganya memiliki Banco Safra SA [SADEPB.UL] dan sejumlah institusi perbankan swasta termasuk J Safra Sarasin di Swiss, menurut pernyataan tersebut,  tidak terlibat langsung dalam negosiasi rencana penyuapan tersebut.

Namun, percakapan itu mengungkapkan bahwa Puga membuat laporan kepada Safra mengenai penyuapan tersebut, ujar penuntut umum.

Dalam pernyataan terpisah, Safra Group, induk usaha investasi milik Safra mengatakan bahwa tuduhan tersebut tidak benar.

“Belum pernah ada kejanggalan dalam setiap bisnis di bawah Safra Group. Tidak satu pun perwakilan Safra Group pernah membujuk pejabat publik dan berdasarkan penilaian pengadilan Grup tidak mendapatkan keuntungan apa pun,” ujar Safra Group dalam pernyataannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper