Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelang Ramadan, KPI Imbau Tayangan yang Bersifat Mendidik

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) meminta seluruh lembaga penyiaran dan rumah produksi menyiapkan program acara khusus Ramadan yang menghibur, mendidik, dan sesuai konteks.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 24 Maret 2016  |  19:46 WIB
Komisi Penyiaran Indonesia
Komisi Penyiaran Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA—Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) meminta seluruh lembaga penyiaran dan rumah produksi menyiapkan program acara khusus Ramadan yang menghibur, mendidik, dan sesuai konteks.

Idy Muzayyad, Wakil Ketua KPI, mengatakan masyarakat menginginkan tayangan Ramadan yang memberikan manfaat dan kesan baik. Manfaat tersebut berupa pesan moral positif yang dapat menambah keimanan masyarakat.

“Siaran pada saat Ramadan harus bermartabat, sesuai dengan aturan dan selaras dengan semangat Ramadan, tetapi juga menghibur sekaligus mendidik,” katanya di Jakarta, Kamis (24/3/2016).

Idy menuturkan tayangan khusus Ramadan tidak boleh menampilkan candaan kasar, banyolan berlebihan, gerakan erotis, eksploitasi bagian tubuh, pria berperilaku dan berpakaian kewanitaan, muatan mengarah kepada hubungan seks, muatan khilafiyah dan tema sensitif yang dapat memicu polemik, serta iklan niaga dalam adzan.

Menurutnya, KPI dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) nantinya akan memberikan penghargaan kepada program khusus Ramadan yang dinilai memberikan manfaat kepada masyarakat.

MUI sendiri berharap tidak ada tayangan yang melecehkan agama dan negara dalam program khusus Ramadan, dan akan menindaklanjuti seluruh bentuk pelecehan tersebut secara hukum.

Selain itu, tayangan khusus Ramadan juga tidak boleh mempromosikan hal yang berbau lesbian, gay, biseksual, dan transendental atau LGBT.

Untuk itu, lembaga penyiaran dan rumah produksi harus lebih kreatif dalam menciptakan tema acara khusus Ramadan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpi Ramadan
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top