Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Heboh Paus 1,62 Meter Terdampar di Klungkung

Warga di seputaran Pantai Batu Tumpeng, Desa Gelgel, Klungkung, dihebohkan temuan seekor ikan paus mati yang terdampar.
Ikan paus/Youtube
Ikan paus/Youtube

Kabar24.com, KLUNGKUNG - Warga di seputaran Pantai Batu Tumpeng, Desa Gelgel, Klungkung, dihebohkan temuan seekor ikan paus mati yang terdampar.

Paus yang memiliki panjang 16,2 meter itu diperkirakan terdampar sejak pukul 06.00 Wita, Senin (14/3/2016).

Kepala Resor Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Gianyar Seksi Wilayah II, I Wayan Sumertha, mengatakan, paus tersebut awalnya ditemukan nelayan yang akan pergi melaut.

"Informasi yang saya terima ketika pukul 06.00 Wita ada nelayan yang mau ambil jaring, kemudian menemukan bangkai paus ini. Saat ditemukan posisi ikan paus terlihat jelas karena air laut sedang surut," kata Sumertha saat meninjau evakuasi di Pantai Batu Tumpeng, Klungkung.

Saat ini, kata dia, petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klungkung dan Dinas Peternakan, Perikanan, dan Kelautan Kabupaten Klungkung beserta warga setempat masih kesulitan untuk mengevakuasi paus tersebut.

"Kemampuan alat tarik ini sepuluh ton tapi belum mampu menggeser posisi paus, walaupun ombak sedang pasang ada bantuan dorongan tapi tetap sulit. Perkiraan berat paus ini bisa di atas sepuluh ton, dan sudah dua kali upaya penarikan tetap saja belum tergeser," ujarnya.

Sumertha menjelaskan, setelah evakuasi berhasil paus tersebut akan dikubur di dekat area Pantai Batu Tumpeng.

"Nanti setelah berhasil dievakuasi dilakukan identifikasi jenis paus, umur, dan penyebab kematian. Setelah itu baru dikubur," tuturnya.

Luka Robek

Dikatakan, informasi sementara diduga ikan paus tersebut mati karena luka robek yang terdapat di bawah sirip paus.

"Saat ditemukan ada bercak darah yang masih mengalir menandakan luka masih baru," tambahnya.

Saat ini, kata dia, berdasarkan informasi sementara ikan paus tersebut merupakan jenis Physeter macrocephalus, dari famili cetacen jenis paus yang dilindungi.

 "Paus ini lebih dikenal dengan sebutan paus kepala botak," kata Sumertha yang mengepalai wilayah Gianyar, Bangli, Klungkung, dan Karangasem.

Berdasarkan pantauan di lokasi hingga pukul 13.00 WITA, ratusan orang terus berdatangan ke Pantai Batu Tumpeng untuk melihat bangkai paus yang terdampar itu. Sepanjang jalan desa menuju Pantai Batu Tumpeng dari jalan raya Denpasar-Karangasem dipadati masyarakat yang berjalan kaki menuju ke pantai.

Petugas kepolisian yang berjaga tidak memperkenankan warga menggunakan sepeda motor untuk masuk ke area pantai. Hal tersebut agar tidak menghalangi laju alat berat yang akan mengevakuasi paus tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper