Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bupati: Purwakarta Jadi Daerah Bebas Kantong Plastik

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi gerak cepat mengantisipasi kebijakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang memberlakukan kantong plastik berbayar sebagai bentuk kepedulian lingkungan agar sampah yang berasal dari kantong plastik berkurang.
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi/Twitter
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi/Twitter

Bisnis.com, PURWAKARTA - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi gerak cepat mengantisipasi kebijakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang memberlakukan kantong plastik berbayar sebagai bentuk kepedulian lingkungan agar sampah yang berasal dari kantong plastik berkurang.

Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi mengatakan demi mendukung gerakan tersebut pihaknya telah mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) No 37/2016 tentang Purwakarta Bebas Kantong Plastik.

"Sampah kantong plastik ini adalah ancaman serius bagi tataguna tanah dan tataguna air di Purwakarta," katanya dihubungi, Senin (22/2/2016).

Dalam Perbup tersebut akan diatur mengenai para pedagang tradisional atau swalayan tak lagi menyediakan kantong plastik. Hal itu akan diubah dengan penggunaan kantong jinjing yang terbuat dari kain, atau rotan yang bisa digunakan berulang-ulang.

Kang Dedi--panggilan akrabnya menuturkan secara teknis, jinjingan tersebut bisa diberikan secara gratis sesuai dengan ketentuan jumlah barang yang dibeli. "Atau nantinya jinjingan tersebut bisa dijual sebagai pelengkap namun dengan harga yang relatif terjangkau," katanya.

Langkah tersebut juga membuka peluang bagi para ibu-ibu atau UMK untuk bisa berkembang menjual produk sebagai pengganti kantong plastik untuk dijual ke pasar tradisional atau swalayan.

"Para pedagang harus bersinergi dengan UMK atau ibu-ibu setempat yang membuat produk tas jinjing. Dan ternyata ibu-ibu jaman dulu lebih ramah lingkungan karena ke pasar bawa jinjingan, dan pakai daun jati sebagai bungkus," ungkapnya.

Pihaknya berharap Perbup yang akan disosialisasikan mulai hari ini bisa membawa dampak positif bagi masyarakat. Bukan hanya dari segi lingkungan namun juga membangkitkan ekonomi kreatif di Kabupaten Purwakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper