Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LPDP akan Sediakan Beasiswa Tanpa Gelar Akademik

Kementerian Keuangan melalui sekjen LPDP akan menyediakan program beasiswa yang bersifat non degree
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, SURABAYA—Kementerian Keuangan melalui Sekretariat Jenderal Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP akan memnyediakan program beasiswa baru yang bersifat non degree atau tanpa gelar akademik pada 2016.

Direktur Perencanaan usaha dan Pengembangan Dana LPDP Mokhamad Mahdum mengatakan pihaknya sedang melakukan kajian menyangkut program beasiswa tanpa gelar akademik tersebut. Sebagai contoh program short course untuk kepala sekolah.

“Tapi berapa kuota yang kami buka untuk ini, belum dapat kami pastikan,” katanya ditemui di sela acara LPDP Edufair 2016, di Surabaya, Kamis (4/2/2016).

LPDP menargetkan program baru non degree ini bisa dijalankan mulai pertengahan 2016. Apabila ini terwujud akan menambah jumlah program beasiswa yang disediakan Kemenkeu melalui LPDP. Sekarang yang tersedia adalah reguler, afirmasi, dan profesi.

LPDP merupakan beasiswa yang disediakan bagi siapapun anak bangsa yang sesuai dengan persyaratan. Studi bisa dilakukan di dalam maupun luar negeri. Kampus yang menjadi mitra berjumlah ratusan.

Untuk yang di luar negeri harus termasuk 200 top dunia atau jurusan yang diminati termasuk 50 terbaik dunia. Sedangkan yang di dalam negeri adalah kampus yang memiliki akreditasi BAN-PT A.

“Sejauh ini mahasiswa dari Jawa masih paling banyak dibandingkan non-Jawa,” kata Mahdum. Pada tahun ini ditargetkan ada 5.000 peserta, jumlah ini naik dari sekitar 4.500 penerima beasiswa pada tahun lalu.

Edufair Surabaya

Kementerian Keuangan Republik Indonesia Sekretariat Jenderal Lembaga Pengelola Dana Pendidikan menggelar Pameran LPDP Edufair 2016 di Surabaya, Jawa Timur pada 4 Februari 2016.

Kegiatan itu merupakan rangkaian dari LPDP Edufair 2016 yang digelar di Jakarta pada 2 Februari 2016. Acara ini berlangsung setiap tahun untuk memediasi calon penerima beasiswa dengan kampus mitra LPDP.

Peserta yang mendaftarkan diri untuk LPDP Edufair di Surabya berjumlah lebih dari 11.000 orang. Adapun acara ini dihadiri 45 kampus dalam dan luar negeri, tujuh kedutaan, dan penyedia TOEFL dan TOEIC.

Pada ulang tahun keempat LPDP, sudah ditetapkan 9.145 penerima beasiswa. Mereka terdiri dari 6.709 penerima beasiswa program magister, 1.229 program doktor, 1.032 program tesis/disertase, dan 175 program profesi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper