Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Masuk 5 Besar Pemimpin Terpopuler di Dunia Maya

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dinobatkan menjadi pemimpin terpopuler dan paling disukai oleh pengguna Facebook di seluruh dunia.
Presiden Jokowi saat berbicara pada acara di Kamar Dagang Amerika Serikat di Washington, (26/10/2015)./Reuters-Yuri Gripas
Presiden Jokowi saat berbicara pada acara di Kamar Dagang Amerika Serikat di Washington, (26/10/2015)./Reuters-Yuri Gripas

Bisnis.com, JAKARTA–Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dinobatkan menjadi pemimpin terpopuler dan paling disukai oleh pengguna Facebook di seluruh dunia.

Menurut penelitian Burson-Marsteller, firma kehumasan dan komunikasi global, 90% dari semua pemerintah di dunia memiliki akun Facebook resmi, dan 87 kepala negara, 82 kepala pemerintahan, serta 51 menteri luar negeri juga memiliki laman pribadi di Facebook,

Berdasarkan dari data yang dikumpulkan pada Januari 2016, Penelitian Tentang Para Pemimpin Dunia di Facebook, yaitu Penelitian Twiplomacy edisi 2016, ditemukan bahwa 169 dari 193 negara-negara anggota PBB memiliki akun Facebook resmi.

“Penelitian pertama tentang penggunaan Facebook di kalangan pemerintah ini memberikan pandangan berharga tentang praktik-praktik komunikasi di kalangan pemimpin-pemimpin politik di seluruh dunia,” ungkap Donald A. Baer, Worldwide Chair dan CEO, Burson-Marsteller melalui keterangan tertulis, Selasa (19/1/2016).

Dia menambahkan, banyak manfaat yang dapat dipelajari oleh korporasi, NGO dan sektor-sektor lainnya dari cara pemerintah dan para pemimpinnya menggunakan Facebook. Dengan menunjukkan sisi kemanusiaannya, lanjut Donald, aktor-aktor ini menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan masyarakatnya.

Selama delapan tahun terakhir, Facebook telah menjadi platform pilihan para pemimpin dan pemerintah dunia untuk berinteraksi dengan para pemilih dan konstituen mereka. Pada 4 Januari 2016, secara keseluruhan semua pemimpin dunia memiliki jumlah ’likes’ sebanyak 230,489,257 dan telah mempublikasikan 302.456 post.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama menjadi pemimpin dunia yang paling populer di Facebook dengan 46 juta likes pada laman kampanye-nya. Obama hampir disusul oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi dengan 31 juta fans pada laman pribadinya, dan 10,1 juta fans di laman insitusionalnya, yang juga menduduki posisi ketiga.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdoan, Presiden Indonesia Joko Widodo, dan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi melengkapi daftar lima besar pemimpin-pemimpin dunia yang paling populer, dengan masing-masing mencatat lebih dari 5 juta likes.

Di seluruh benua Asia, Jokowi menduduki posisi kedua setelah Narenda Modi dari India sebagai pemimpin yang paling disukai, diikuti oleh Noynoy Aquino dari Filipina, dan Presiden India, Pranab Mukherjee.

Pada November 2015, pemerintah Amerika Serikat membuat laman institusi resmi untuk Presiden Amerika Serikat (POTUS), yang mencatat 1,3 juta likes dalam kurun waktu kurang dari dua bulan, dan masuk dalam 30 laman pemimpin dunia terpopuler.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arys Aditya
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper