Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Australia: ISIS Dirikan “Khilafah Jauh” di Indonesia

Australia mengeluarkan peringatan, ISIS tengah melipatgandakan kehadirannya di Indonesia dengan impian mendirikan "khilafah jauh" di negara berpenduduk muslim terbanyak di dunia itu.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 22 Desember 2015  |  11:11 WIB
Australia: ISIS Dirikan “Khilafah Jauh” di Indonesia
ISIS - Antara
Bagikan

Kabar24.com, SYDNEY-- Australia mengeluarkan peringatan, ISIS tengah melipatgandakan kehadirannya di Indonesia dengan impian mendirikan "khilafah jauh" di negara berpenduduk muslim terbanyak di dunia itu.

Jaksa Agung Australia George Brandis yang bertemu dengan para menteri, kepala polisi dan pejabat keamanan dari Indonesia dan Australia, Senin (21/12/2015), mengatakan bahwa ada ancaman terhadap kepentingan Australia dan Barat di Indonesia.

"ISIS punya ambisi meningkatkan kehadiran dan tingkat aktivitasnya di Indonesia, baik secara langsung maupun melalui wali," kata dia kepada The Australian.

"Anda pernah mendengar ungkapan 'khilafah jauh'? ISIS memiliki niat yang sudah diungkapkan untuk mendirikan khilafah di luar Timur Tengah, tepatnya khilafah provinsi. ISIS telah mengidentifikasi Indonesia sebagai lokasi untuk ambisinya itu."

ISIS yang menerapkan doktrin fundamentalis Islam Sunni, telah mengumumkan khilafah-khilafah di beberapa daerah di luar Suriah dan Irak di mana mereka menguasai banyak wilayah.

Komentar Brandis ini disampaikan menyusul keberhasilan polisi Indonesia menggagalkan serangan bunuh diri di Jakarta dan penahanan beberapa orang radikal yang berkaitan dengan ISIS.

Tiga hari penggerebekan di seluruh Jawa yang berakhir Minggu (20/12/2015) membuat polisi Indonesia berhasil menyita bahan peledak, dan bendera ISIS, selain menangkap sembilan orang.

Menurut Australia, mengutip polisi Indonesia, para ekstremis ini membidik mal-mal, kantor polisi dan kelompok minoritas di Indonesia.

The Australian melaporkan, bahwa pihak berwajib Australia meragukan ISIS bisa menciptakan khilafah di Indonesia, namun mereka sangat mengkhawatirkan ISIS bisa menancapkan kehadirannya di Indonesia secara permanen.

Jika itu terjadi, maka ISIS akan melancarkan serangan ke kepentingan-kepentingan Barat atau Australia di Indonesia, bahkan di luar Indonesia.

Menteri Kehakiman Michael Keenan menilai, kebangkitan ISIS telah mendestabilisasi keamanan kedua negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ISIS

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top