Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pos Indonesia Cabang Manado Tak Capai Target

PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Manado optimistis hanya mampu mencatatkan realisasi laba sekitar 85% dari target yang ditetapkan sepanjang tahun ini senilai Rp16 miliar.

Bisnis.com, MANADO--PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Manado optimistis hanya mampu mencatatkan realisasi laba sekitar 85% dari target yang ditetapkan sepanjang tahun ini senilai Rp16 miliar.

Pasalnya, per Oktober 2015, Pos Indonesia Cabang Manado baru membukukan laba Rp5,4 miliar.

"Banyak hak yang melatarbelakangi ketidamampuan kami dalam mencapai target laba, salah satunya adalah ketatnya persaingan dalam industri logistik," kata Kepala Pos Indonesia Cabang Manado Purgiyanto di Manado, Rabu (16/12).

Tak hanya itu, faktor perlambatan ekonomi nasional dan regional turut berkontribusi dalam lemahnya pencapaian laba pada tahun ini.

Dirinya merinci kenaikan target tahun ini dibandingkan tahun lalu cukup signifikan, sedangkan persaingan industri logistik semakin ketat.

Bahkan pada tahun lalu, dirinya mengungkapkan perseroan hanya mampu mencapai realisasi laba sekitar 90% dari target yang ditetapkan.

Jika dirinci, pendapatan Pos Indonesia Cabang Manado masih berasal dari jasa pengiriman dokumen dan parsel yakni 57,5%, jasa keuangan 33,1%, sisanya adalah bisnis ritel dan properti 9,4%.

Menjelang momen Natal dan Tahun Baru, Purgiyanto memperkirakan jasa pengiriman dokumen dan parsel bakal melonjak hingga 20%-40%.

"Tapi, lonjakannya masih tercatat stabil dan tidak signifikan dalam menggenjot laba perseroan. Kebanyakan kenaikan bisnis pengiriman dan parsel adalah barang-barang yang masuk," jelasnya.

Menurutnya, strategi ekspansi akan terus dilakukan untuk mengerek naik pertumbuhan bisnis, terutama di segmen pengiriman dokumen dan parsel.

Salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan beberapa pelaku industri e-commerce di Kota Manado.

Secara nasional, Pos Indonesia mengklaim telah melakukan kerja sama dengan sejumlah pelaku e-commerce misalkan Lazada, Zalora, dan MatahariMall.

"Tak tertutup kemungkinan, kami akan memperluas jangkauan kerja sama dengan pelaku industri e-commerce skala kecil di Kota Manado," katanya.

Selain itu, dalam jangka pendek, dirinya berniat untuk memanfaatkan sejumlah lahan kosong di beberapa kantor pos di Manado untuk dijadikan galeri bisnis bagi pelaku e-commerce dari kalangan mahasiswa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper