Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INDUSTRI SENI: Ini Komentar Deddy Mizwar

Industri seni di Indonesia saat ini sedang menggeliat bangkit. Namun kebangkitan kesenian Indonesia tidak dapat dikatakan pesat karena masih minimnya karya seni yang dihasilkan oleh seniman tanah air
Deddy Mizwar/Antara
Deddy Mizwar/Antara

Kabar24.com, BANDUNG- Industri seni di Indonesia saat ini sedang menggeliat bangkit. Namun kebangkitan kesenian Indonesia tidak dapat dikatakan pesat karena masih minimnya karya seni yang dihasilkan oleh seniman Tanah Air.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar mengatakan sepinya seniman Indonesia yang merambah kancah internasional dikarenakan masih minimnya gagasan atau ide dari seniman.

"Minimnya gagasan ini karena tidak ada wadah atau tempat untuk menyalurkannya," ungkap Deddy dalam Kongres Kesenian Indonesia, Bandung, Jumat (4/12/2015).

Deddy mengakui, perhatian pemerintah terhadap kesenian dan kebudayaan masih sangat kurang. Akibatnya, pemerintah tidak memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan kebudayaan di Indonesia.

"Di beberapa daerah tidak ada pusat kebudayaa. Itu tanda pemerintah tidak prioritaskan kebudayaan dalam pembangunan," tukas aktor senior ini.

Untuk itu, Deddy mengimbau kepada seniman Indonesia untuk tetap berkarya dan menuangkan ide-ide kreatifnya menjadi suatu karya yang dapat menginspirasi banyak orang untuk ikut berkarya.

Dikesempatan berbeda, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan, di era milenium seperti sekarang ini, seniman juga harus memanfaatkan teknologi sebagai alat untuk menuangkan kreatifitasnya.

"Orang Jepang, China, Amerika boleh pintar menciptakan teknologi. Orang Indonesia, yang harus bisa memanfaatkan teknologi itu utuk ciptakan sesuatu yang kreatif," katanya beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper