Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beginilah Kondisi Perpustakaan di DKI Jakarta

Ketua forum perpustakaan umum Indonesia, Tinia Budiarti mengatakan jumlah perpustakaan di Jakarta masih dalam proses pendataan
Perpustakaan daerah/Antara
Perpustakaan daerah/Antara
Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Forum Perpustakaan Umum Indonesia, Tinia Budiarti mengatakan jumlah perpustakaan di DKI saat ini masih dalam pendataan.
 
"Saat ini jumlah totalnya sedang dalam pendataan, tetapi bisa dilihat di setiap perguruan tinggi semua punya perpustakaan. Kami sekarang ada aturannya juga kalau perpustakaan sekolah dibina oleh Dinas Pendidikan," kata Tinia di Balai Kota, Selasa (24/11/2015).
 
Saat ini ada dua perpustakaan yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yakni; Perpustakaan Kuningan, Jakarta Selatan dan Perpustakaan Cikini, Jakarta Pusat. Jumlah koleksi buku di Perpustakaan Kuningan dan Perpustakaan Cikini kurang lebih ada 40.000 buku. Setiap perpustakaan daerah juga sudah dilengkapi dengan buku-buku braille.
 
Tak hanya itu di setiap lima wilayah dan satu kabupaten masing-masing tersedia satu Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah.
 
"Kondisi semua perpustakaan baik kecuali yang di Jakarta Timur saat ini bangunannya akan di rehab mulai tahun depan," ujar Tinia.
 
Terkait Perpustakaan Keliling, Tinia mengaku saat ini Pemprov DKI memiliki sekitar 40 perpustakaan keliling dalam dalam bentuk mobil, motor, dan kontainer.
 
DKI sendiri juga masih dilengkapi dengan perpustakaan mandiri yang didirikan secara independen oleh masyarakat, salah satunya juga di rumah susun.
 
"Yang kontainer ada dua dari Permata, kalau perpustakaan mandiri saja ada lebih dari 200 perpustakaan. Ada juga perpustakaan mandiri jumlahnya 20 di seluruh mall di Indonesia," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper