Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan Minat Baca, Indosat Bangun Perpustakaan Digital

Untuk meningkatkan minat baca generasi muda Indonesia, Indosat bersama Ooredo memberikan donasi berlangganan Cipika Bookmate selama satu tahun secara gratis bagi 200 taman bacaan atau perpustakaan selama satu tahun untuk anggota Taman Baca Masyarakat yang meruoakan bagian dari Gerakan Indonesia Membaca yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ilustrasi/Bisnis-Yayus Yuswoprihanto
Ilustrasi/Bisnis-Yayus Yuswoprihanto

Kabar24.com, JAKARTA -- Untuk meningkatkan minat baca generasi muda Indonesia, Indosat bersama Ooredo memberikan donasi berlangganan Cipika Bookmate selama satu tahun secara gratis bagi 200 taman bacaan atau perpustakaan selama satu tahun untuk anggota Taman Baca Masyarakat yang meruoakan bagian dari Gerakan Indonesia Membaca yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Cipika Bookmate sendiri merupakan layanan aplikasi buku digital yang menyajikan konsep berlangganan layaknya perpustakaan.

"Membaca adalah kunci untuk membuka jendela dunia. Indosat sebagai perusahaan digital telekomunikasi ingin memperkenalkan cara baru membaca buku secara mobile melalui Cipika bookmate," ujar President Director dan CEO Indosat, Alexander Rusli dalam gelaran acara hari gerakan membaca nasional di Plasa UOB, Jakarta, Kamis (12/11/2015).

Alezander berharap, dengan digitalisasi buku dapat memudahkan akses membaca serta meningkatkan minat baca generasi muda dengan memanfaat teknologi.

"Masyarakat Indonesia akan lebih banyak mendapat informasi dan pengetahuan yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan," ungkapnya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga menyambut baik inisiasi baik yang mendukung gerakan Indonesia membaca ini.

"Dengan banyaknya dukungan dari berbagai pihak, nantinya membaca dapat membudaya di kalangan generasi muda. Maka seluruh warga diharapkan dapat menjadi masyarakat pembelajar," tutur Direktur Keaksaraan dan Kesetaraan Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat, Erman Syamsuddin.

Erman melihat kemungkinan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Misalnya, dengan meniadakan wujud buku konvensional dan menggantinya dengan buku-buku digital.

"Tantangannya adalah, memikirkan bagaimana mereka yang terbiasa kebiasaan membaca buku untuk beralih ke buku digital sambil menyosialisasikan terobosan itu kepada mereka yang belum mengenal teknologi," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper