Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BENCANA KABUT ASAP: 3/4 Wilayah Indonesia Tertutup Asap

Lebih dari tiga per empat wilayah Indonesia tertutup asap tipis hingga tebal akibat kebakaran hutan yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan.
Kabut asap. /antara
Kabut asap. /antara
Bisnis.com, JAKARTA--Lebih dari tiga per empat wilayah Indonesia tertutup asap tipis hingga tebal akibat kebakaran hutan yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan.
 
Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), mengatakan asap tipis bahkan sampai ke ibukota, menutup langit Jakarta sejak Jumat (23/10) hingga Minggu(25/10).
 
Partikel halus dari asap tipis ini melayang di atmosfer pada ketinggian sekitar 1.000-3.000 meter. Pada pagi hari kelihatan lebih tebal karena bercampur dengan kabut atau uap air.
 
Menurut dia, sebaran asap dari kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan telah menyebar luas. Hal itu sangat bergantung pada arah angin.
 
"Berdasarkan pantauan satelit Himawari pada Minggu, lebih dari tiga per empat wilayah Indonesia tertutup asap tipis hingga tebal,"demikian tertulis dalam keterangan pers, Minggu(25/10/2015).
 
Hanya Jawa Tengah, Yogyakarta, sebagian Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan bagian utara Papua saja yang tidak tertutup asap.
 
Di sisi lain, asap tebal masih mengepung beberapa daerah. Jarak pandang di Padang misalnya, tercatat sekitar 200 meter berasap, Pekanbaru 1.000 meter berasap, Jambi 900 meter berasap, Palembang 200 meter berasap, Pontianak 800 meter berasap, Ketapang 200 meter berasap, Palangkaraya 100 meter berasap, dan Banjarmasin 400 meter berasap.
 
Pasokan asap dari titik panas (hotspot) juga masih besar. Hotspot pantauan satelit Terra dan Aqua tercatat ada 1.187 hotspot. Kualitas udara di Pekanbaru 570 dengan status berbahaya, Jambi 518 berbahaya, Palembang 325 sangat tidak sehat, Pontianak 169 tidak sehat, Banjarbaru 73 sedang, Samarinda 147 sedang, dan Palangkaraya 1.511 berbahaya. Hampir dua bulan lamanya warga di Riau, Jambi dan Palangkaraya terkepung asap level Berbahaya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Lavinda

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper