Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Soal Upah Minimum, Gubernur Harus Objektif

OPSI meminta kepada seluruh Kepala Daerah untuk menetapkan besaran upah minimum dengan obyektif
Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 27 September 2015  |  12:45 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) meminta kepada seluruh kepala daerah untuk menetapkan besaran upah minimum dengan obyektif dan sesuai dengan kondisi di lapangan.

Hal ini dikatakan Sekjen OPSI Timboel Siregar menanggapi kerapnya para kepala daerah menjadikan momentum penetapan upah minimum sebagai alat politik untuk meraih simpati dari pekerja.

"Sebelum gubernur menetapkan upah minimum maka gubernur harus memberikan argumentasi berdasarkan data obyektif dan disampaikan ke publik, walaupun gubernur sudah menerima rekomendasi," katanya, Minggu (27/9/2015).

Saat ini, pemerintah tengah menyusun rancangan peraturan pemerintah (RPP) tentang Sistem Pengupahan. Dia berharap obyektivitas gubernur dalam menentukan upah juga dimuat dalam regulasi tersebut.

"Gubernur memiliki hak prerogatif penuh dan hal tersebut cenderung subyektif dan berpotensi dimanfaatkan untuk kepentingam politik. Usulan ini bisa diterima bisa juga tidak."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ump
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top