Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Diminta Tetapkan Kabut Asap sebagai Bencana Nasional

Aliansi Semarang untuk Reforma Agraria (Asura) meminta pemerintah untuk menetapkan bencana asap dan kekeringan yang terjadi saat ini sebagai bencana nasional
Anugerah Perkasa
Anugerah Perkasa - Bisnis.com 27 September 2015  |  07:44 WIB
Sebuah kapal melaju di tengah kabut asap yang menyelimuti Batam, Kepulauan Riau, Rabu (23/9). - Antara
Sebuah kapal melaju di tengah kabut asap yang menyelimuti Batam, Kepulauan Riau, Rabu (23/9). - Antara
 Bisnis.com, JAKARTA -- Aliansi Semarang untuk Reforma Agraria (Asura) meminta pemerintah untuk menetapkan bencana asap dan kekeringan yang terjadi saat ini sebagai bencana nasional.
 
Rumiyati, salah satu aktivis Asura, mengatakan masalah lingkungan saat ini adalah persoalan asap dan kekeringan. Pembakaran lahan dan hutan sehingga mengakibatkan asap didominasi di Sumatra dan Kalimantan, sedangkan kekeringan di antaranya juga  melanda Jawa Tengah.
 
"Gagal panen tidak sebagai ancaman, namun sudah terbukti," kata Rumiyati dalam keterangan bersama, Minggu (27/9). 
 
Dia menuturkan bencana asap sudah mengakibatkan puluhan ribu orang menderita sakit. Sedangkan kekeringan, kata Rumiyati, sudah terjadi di 16 kabupaten di Jawa Tengah, di antaranya adalah di Kabupaten Blora. 
 
Mazaya Latifasari, aktivis lainnya, menuturkan berkurangnya sumber-sumber ekonomi dan pangan karena terjadinya alih fungsi hutan dan lahan pertanian. Dia menuturkan kerusakan  yang terjadi pada sektor hulu dapat mengakibatkan dampak ekologis, yang dirasakan langsung oleh masyarakat. 
 
Oleh karena itu, Asura mendesak pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla agar menyatakan masalah asap dan kekeringan sebagai bencana nasional. Aliansi itu juga meminta agar pemerintah menyelesaikan konflik agraria yang mengakibatkan kriminalisasi masyarakat.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kabut Asap
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top