Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi: Menteri Lingkungan Harus Cabut Izin Usaha Pembakar Hutan

Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mencabut izin konsesi dari perusahaan yang membakar hutan.
Akhirul Anwar
Akhirul Anwar - Bisnis.com 23 September 2015  |  14:39 WIB
Asap kebakaran mengepul dari hutan yang berada di Kampung Sempan, Kecamatan Damai, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur - Antara
Asap kebakaran mengepul dari hutan yang berada di Kampung Sempan, Kecamatan Damai, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mencabut izin konsesi dari perusahaan yang membakar hutan.

"Saya perintahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk tidak segan mencabut izin konsesi bagi mereka yang tidak bertanggungjawab pada lahan konsesi yang telah diberikan," kata Presiden saat memberi pengarahan Prajurit dan Petugas Pemadam Kebakaran di Banjarbaru Kalimantan Selatan, Rabu (23/9/2015).

Dikutip dari siaran pers Tim Komunikasi Presiden Sukardi Rinakit, seiring penegakan hukum terhadap pelaku pembakaran lahan, masyarakat juga diberikan pengertian tentang kerugian yang ditimbulkan oleh kebakaran hutan dan lahan, baik lahan gambut, dan lahan belukar. 

Jokowi menegaskan kerugian ekonomi yang diakibatkan pembakaran hutan dan lahan mencapai triliunan rupiah. Hingga saat ini, pemerintah telah menetapkan tujuh perusahaan sebagai tersangka. 

Upaya pemadaman sudah dilakukan. Presiden memberikan penghargaan sebesar-besarnya atas upaya yang dilakukan dalam penanggulangan kebakaran hutan. Setiap perkembangan selalu dipantau oleh Presiden ketika berada di Jakarta maupun sedang berada di luar negeri.

"Ada beberapa lokasi titik api sudah padam, tapi masih ada yang harus dipadamkan. Terimakasih atas kerja keras," ujar Presiden.

Presiden menginginkan semua bergerak, baik TNI, Polri pemerintah daerah dan juga masyarakat. "Kerja bersama-sama all out, kerja sekuat tenaga," ucap Presiden.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kebakaran hutan
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top