Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenkes & Kemensos akan Tangani Pecandu Narkoba

Pemerintah akan menyerahkan penanggulangan pengguna narkoba kepada Kementerian Kesehatan dan Kementerian Sosial, untuk mengurangi dampak penyalahgunaan narkoba di masyarakat.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 21 September 2015  |  22:52 WIB
Rehabilitasi pecandu narkoba. - Antara
Rehabilitasi pecandu narkoba. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah akan menyerahkan penanggulangan pengguna narkoba kepada Kementerian Kesehatan dan Kementerian Sosial, untuk mengurangi dampak penyalahgunaan narkoba di masyarakat.

Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, mengatakan pemerintah sepakat untuk membagi penyelesaian masalah narkoba. Nantinya, penanganan pengguna narkoba akan diberikan kepada Kementerian Sosial dan Kementerian Kesehatan, sedangkan Badan Narkotika Nasional (BNN) akan menangani pengedarnya.

“BNN akan akan bertindak lebih luas, tetapi akan banyak kepada masalah penanganan dari pengedar narkoba, bukan pengguna. Penyelesaian pengguna narkoba mungkin akan diberikan kepada Kementerian Sosial, dan Kementerian Kesehatan,” katanya di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (21/9/2015).

Luhut menuturkan Kepala BNN akan bekerja lebih keras dalam penyelesaian kasus peredaran narkoba, karena pemerintah sepakat persoalan tersebut menjadi isu utama yang harus diselesaikan. Apalagi, saat ini Indonesia bukan lagi sebagai negara transit untuk peredaran narkoba, tetapi sudah menjadi negara tujuan dan pemasok untuk negara lain.

Menurutnya, pemerintah juga akan melakukan penguatan kelembagaan terhadap BNN dengan mempertegas kewenangannya, dan melakukan perbaikan organisasi, agar dapat mencegah peredaran narkoba di dalam negeri.

“Kepala BNN sebenarnya sudah bertemu saya, dan berjanji akan membawa konsep perubahan untuk menjadikan lembaganya lebih baik dan efektif. Nanti itu juga akan kami laporkan kepada Presiden,” ujarnya.

Selain itu, Luhut juga menegaskan pemerintah sepakat untuk memisahkan narapidana kasus narkoba dengan tahanan lainnya, dengan membangun lembaga pemasyarakatan khusus. Dengan begitu, pemerintah dapat terus mengawasi pergerakan narapidana tersebut, dan mencegah meluasnya peredaran narkoba di dalam tahanan.

Pemisahan lembaga pemasyarakatan itu juga dilakukan untuk menekan komunikasi para narapidana kasus narkoba dengan pihak luar. Pasalnya, selama ini banyak narapidana yang mengendalikan peredaran narkoba dari dalam penjara.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

narkoba
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top