Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Paus Fransiskus Akan Berkunjung, Kuba Bebaskan 3.522 Tahanan

Kuba mengampuni 3.522 tahanan umum pada Jumat (11/9/2015) dalam rangka gerakan kemanusiaan menjelang kunjungan Paus Fransiskus pada pekan depan.nn
Paus Fransiskus/Reuters
Paus Fransiskus/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Kuba mengampuni 3.522 tahanan umum pada Jumat (11/9/2015) dalam rangka gerakan kemanusiaan menjelang kunjungan Paus Fransiskus pada pekan depan.

Dikutip dari Reuters, Sabtu (12/9/2015), para tahanan akan dibebaskan dalam waktu 3 hari sejak pengampunan dan akan menjadi pembebasan terbesar setelah pembebasan 3.600 tahanan politik pada masa revolusi 1969.

Dari 3.522 tahanan yang dibebaskan kali ini, tidak terdapat tahanan politik di antaranya. Pimpinan Kuba mengatakan mereka tidak memberikan pengampunan terhadap orang yang melakukan kejahatan terhadap keamanan negara. Pembebasan tahanan tersebut juga tidak termasuk orang-orang yang dihukum karena pembunuhan, pemerkosaan, pelecehan anak, pembantai ternak, dan perdagangan narkoba.

Umumnya, tahanan yang dibebaskan adalah pria yang berusia di atas 60 tahun dan di bawah 20 tahun, perempuan, tahanan yang memiliki sakit kronis, tahanan yang mendapatkan pembebasan bersyarat pada 2016, dan warga asing yang dipastikan dapat kembali ke negara asalnya.

Kunjungan Paus Fransiskus pada bulan ini adalah bagian dari terus meningkatnya hubungan antara Kuba dan Gereja Katolik setelah puluhan tahun mengalami ketegangan.

Pada 1998, ketika Paus Yohanes Paulus datang, Kuba membebaskan 300 tahanan, termasuk 101 tahanan polik di antaranya. Kemudian pada 2012, 2.900 tahanan dibebaskan menjelang kunjungan Paus Benediktus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper