Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OECD Minta Brasil Selamatkan Sumber Daya Air

The Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) meminta Brazil untuk mengatasi koordinasi yang buruk antara lembaga pemerintahan untuk penyelamatan masa depan sumber daya air negara itu

Kabar24.com, JAKARTA -- The Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) meminta Brasil mengatasi koordinasi yang buruk antara lembaga pemerintah untuk menyelamatkan masa depan sumber daya air di negara itu.

Hal itu disampaikan OECD dalam laporan terbaru organisasi itu, Water Resources Governance in Brazil.

OECD menyatakan, kekeringan yang melanda kota Rio de Janeiro dan kota Sao Paulo membutuhkan perubahan dari manajemen krisis menuju pengelolaan risiko yang efektif.

Laporan itu mengungkapkan populasi yang bertambah, pertumbuhan ekonomi dan perubahan iklim akan meningkatkan permintaan air di masa mendatang. 

"Tantangan yang harus diatasi adalah termasuk soal koordinasi yang buruk di berbagai tingkat pemerintahan, ketidaksesuaian antara batas administrasi dan batas-batas hidrologi," demikian laporan OECD.

Walaupun demikian, Brasil kini tengah mempersiapkan Rencana Nasional Ketahanan Air dan Rencana Nasional Adaptasi Perubahan Iklim, yang dinilai membuka peluang untuk memperkuat kebijakan dan instansi negara itu tentang air.

OECD meminta agar sejumlah inisiatif itu dapat menjamin pengelolaan dan pengaturan air terintegrasi dalam agenda lebih luas.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anugerah Perkasa
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper