Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mohammad Nuh: Sekolah Online Gratis Atasi Kasus Ijazah Palsu

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh berkeyakinan, fenomena ijazah palsu bisa ditekan dengan adanya sekolah onlineg gratis.nn
Ilustrasi/poetsandquants.com
Ilustrasi/poetsandquants.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh berkeyakinan, fenomena ijazah palsu bisa ditekan dengan adanya sekolah onlineg gratis.

Ketua Dewan Penasihat IndonesiaX, Mohammad Nuh berkeyakinan dengan berkembangnya metode belajar secara online akan mengurangi fenomena ijazah palsu yang masih marak di Indonesia.

"Jadi ada pergeseran persepsi tentang kualitas dan kompetensi lebih dibutuhkan dibandingkan dengan edukasi formal. Jadi gak akan ada lagi tuh yang pakai ijazah palsu," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, Selasa (25/8/2015).

Selain itu, pemanfaatan penyebaran pendidikan tidak hanya dengan pembangunan fisik infrastruktur melainkan juga dapat dengan memperkuat cyber di seluruh Indonesia.

"Pembangunan infrastruktur itu membutuhkan banyak waktu dan juga biaya yang tidak sedikit. Proses belajarnya juga lama. Dengan memanfaatkan teknologi saat ini seharunya yang lebih dikembangkan adalah jalan tol IT," tutur Nuh.

Dengan adanya jaringan di keseluruhan negeri akan mempermudah pemerataan pendidikan di Indonesia. Dengan begitu, kata Nuh, dapat berdampak pula pada perekonomian Indonesia.

Dengan menerapkan model pembelajaran informal semua orang dapat belajar hingga seumur hidup.

"Dengan adanya sekolah online gratis seperti ini, demokratisasi pendidikan bisa terwujud. Karena siapa pun warga Indonesia bisa akses," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper