Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Megawati: Bahasa Indonesia Bung Karno Kurang Bagus

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau Presiden pertama RI Soekarno lebih banyak menggunakan bahasa Jawa ketika berbicara mengenai persoalan bangsa dengan sesama tokoh nasional.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 18 Agustus 2015  |  12:45 WIB
Megawati: Bahasa Indonesia Bung Karno Kurang Bagus
Bung Karno - Antara
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA—Mungkin tidak banyak yang tahu kalau Presiden pertama RI Soekarno lebih banyak menggunakan bahasa Jawa ketika berbicara mengenai persoalan bangsa dengan sesama tokoh nasional.

Bahkan penguasaan Bahasa Indonesia sang proklamator tidak terlalu bagus dibandingkan kalau beliau berbahasa Jawa atau Belanda.

Demikian pengakuan Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri dalam sambutannya pada acara seminar nasional kebangsaan memperingati Hari Konstitusi di Gedung MPR hari ini, Selasa (18/8/2015).

Dengan tema “Mengkaji Sistem Ketatanegaraan Indonesia,  Apakah Sudah Baik?”, seminar tersebut dihadiri ratusan peserta dari berbagai kalangan

Pengakuan akan kemampuan Bahsa Indonesia Bung Karno itu disampaikan Megawati dengan nada pidato agak santai di depan Ketua MPR Zulkifli Hasan dan para pimpinan DPR dan DPD.

Pidato setengah curhat Ketua Umum PDI Perjuangan itu pun membuat para hadirin sesekali tertawa karena gaya pidato Megawati yang bernada guyon.   

Megawati mengakui kalau dirinya sesekali diizinkan Bung Karno untuk nimbrung sambil mendengar pembicaraan soal kebangsaan meski usianya baru menginjak remaja.

Megawati pun mengaku tidak segan-segan mengeritik bapaknya yang tidak terlalu bagus dalam berbahasa Indonesis.

Hal itu dilakukannya ketika Bung Karno berbicara dengan tokoh nasional asal Jawa seperti Menteri Luar Negeri Ahmad Subarjo yang disebutnya sangat menyukai cerutu.

“Kalau berbicara mereka lebih memilih Bahasa Jawa. Kalau mereka emosi baru mereka berbahasa Belanda,” ujar Megawati disambut tawa hadirin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

soekarno megawati soekarnoputri
Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top