Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKSPOR-IMPOR: Semester I, Jateng Menurun

Sepanjang semester I/2015 performa ekspor dan impor Jawa Tengah tercatat turun dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, masing-masing sebesar 4,9% dan 26,24%.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, SEMARANG - Sepanjang semester I/2015 performa ekspor dan impor Jawa Tengah tercatat turun dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, masing-masing sebesar 4,9% dan 26,24%.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah yang dirilis, Senin (3/8/2015) menunjukkan secara kumulatif nilai ekspor sepanjang Januari-Juni tercatat pada US$2,80 miliar dari periode yang sama tahun 2014 yang mencapai US$2,95 miliar.

Sementara nilai importasi tergerus menjadi US$5,82 miliar dari semester I/2014 yang mencapai US$7,89 miliar. Khusus untuk bulan Juni, ekspor Jateng menguat 10,01% menjadi US$507,18 juta dari bulan sebelumnya, yakni US$461,01 juta. Begitu pula dengan impor yang naik 22,14% secaramonth-on-monthdari nilai impor Mei US$882,17 juta menjadi US$1,07 miliar.

Secara lebih terperinci, Amerika Serikat, China, dan Jepang menjadi tiga negara tujuan ekspor utama Jawa Tengah. Sepanjang paruh pertama tahun ini, ekspor ke tiga negara itu mewakili 42,83% terhadap total ekspor Jateng. Adapun kelompok komoditas ekspor utama adalah tekstil, kayu, dan hasul pabrik.

Sementara itu, di sisi impor negara pemasok barang impor terbesar ke Jateng adalah Tiongkook, Arab Saudi, dan Nigeria dengan pangsa pasar mencapai 49,32% dari total importasi. Produk yang paling banyak diimpor a.l. mineral, tekstil, serta mesin dan pesawat mekanik. (Ardhanareswari/ara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper