Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Krisis Yunani Ancam Bursa China: JK Janji Jaga Ketahanan Ekonomi

Pemerintah menegaskan akan menjaga ketahanan ekonomi nasional seiring anjloknya indeks saham China sejak hampir sebulan terakhir akibat terpapar krisis Yunani.
Bursa China/Bloomberg
Bursa China/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah menegaskan akan menjaga ketahanan ekonomi nasional seiring anjloknya indeks saham China sejak hampir sebulan terakhir akibat terpapar krisis Yunani.

Demikian disampaikan Jusuf Kalla menanggapi gejolak ekonomi regional Asia yang terjadi pada beberapa pekan terakhir.

“Yah kita ini kan yang penting menjalankan ketahanan ekonomi nasional,” ujarnya di Kantor Wakil Presiden, Rabu(8/7/2015).

JK, sapaan akrabnya, membenarkan bahwa krisis Yunani yang mengguncang ekonomi Benua Biru juga turut mempengaruhi kondisi regional Asia, termasuk China, negara tujuan ekspor terbesar Indonesia.

“Pasti [krisis Yunani mempengaruhi ekonomi China]. Ya, berarti 38% [penurunan indeks saham China],”katanya.

Bursa saham China mengalami pelemahan hingga 30% terhitung sejak 12 Juni 2015. Bahkan, Indeks Shanghai Composite kembali merosot 8,2% saat dibuka hari ini.

Menanggapi penurunan indeks tersebut, Bank sentral China  The People's Bank of China (PBOC) berkomitmen mengucurkan likuiditas yang memadai untuk membantu bursa saham Negeri Tirai Bambu.

Data Bloomberg melaporkan, dari tujuh indeks bursa di Asia Tenggara, enam indeks melemah dan satu indeks stagnan. Sejumlah ekonom memperkirakan penurunan indeks dipengaruhi krisis Yunani.

Referendum Yunani membuat situasi moneter di Eropa semakin tidak pasti. Kondisi tersebut meningkatkan volatilitas pasar di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Hasil referendum menguatkan posisi pemerintah Perdana Menteri Alexis Tsipras yang bersikukuh meminta pengurangan syarat penghematan dalam paket dana talangan Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB), Komisi Eropa, dan IMF.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lavinda
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper