Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MENRISTEK DIKTI: Ijazah Palsu Banyak Beredar di Masyarakat

Ijazah palsu yang dikeluarkan sejumlah Perguruan Tinggi (PT) di Tanah Air, banyak beredar secara luas di tengah masyarakat dan pemilik sertifikat tersebut tidak pernah terdaftar sebagai mahasiswa.
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir/Antara
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Ijazah palsu yang dikeluarkan sejumlah Perguruan Tinggi (PT) di Tanah Air, banyak beredar secara luas di tengah masyarakat dan pemilik sertifikat tersebut tidak pernah terdaftar sebagai mahasiswa.

"Ijazah yang dikeluarkan sejumlah PT, memang diakui ada, tapi pemiliknya yang tidak benar atau ilegal. Sebab, Ijazah yang diterbitkan tersebut benar-benar asli, tapi si pemegang dokumen penting itu dianggap palsu," Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti), Muhammad Nasir, usai mengadakan pertemun dengan dosen di Universitas Negeri Medan.

Dia mengatakan, banyak orang mengaku sebagai lulusan sarjana (S-1) di sebuah PT, namun setelah ditelusuri ke lapangan, dan mereka tidak terdaftar mahasiswa.

"Ini kan aneh, orang yang tidak pernah kuliah, tapi tiba-tiba mengantogi ijazah. Hal ini tentunya didapat dengan cara yang salah," katanya.

Nasir menjelaskan, Kemenristek Dikti akan melakukan penertiban terhadap PT yang sering mengeluarkan atau menjual ijazah kepada orang yang memerlukan.

Selain itu, juga akan diberikan teguran pada PT yang tidak mau mengindahkan peringatan tersebut, dan diambil tindakan tegas, sesuai peraturan pemerintah.

Ketika ditanyakan yang mengeluarkan ijazah palsu itu, apakah PT atau PTS, Menristek mengatakan tidak mau menjelaskan secara rinci nama perguruan tinggi dimaksud.

"Namun- nama PT itu  sudah berada di tangan Kemenristek dan akan mengkaji permasalahan tersebut".

Dia menyebutkan, akibat maraknya ijazah palsu itu, maka institusi pemerintah, pihak swasta dan intansi lainnya melakukan pemeriksaan ekstra ketat bagi pelamar pekerjaan.

Bahkan, institusi tersebut memberlakukan seleksi berlapis untuk mengetahui apakah ijazah seseorang itu palsu atau asli.Mereka juga meminta yang asli dan foto copy harus dilegalisir.

"Pemeriksaan secara lengkap ijazah itu, juga diberlakukan di Negara Inggris, karena banyaknya lulusan PT yang dianggap tidak benar," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper