Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ikan Sebesar Ban Mobil Ini Berdarah Hangat

Opah atau moonfish adalah ikan berdarah hangat pertama yang diketahui mengalirkan darah hangat ke seluruh tubuhnya, seperti mamalia dan burung menurut hasil riset baru para peneliti Amerika Serikat yang dipublikasikan di jurnal Science pada Kamis (14/5/2015).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 15 Mei 2015  |  12:18 WIB
Ahli biologi Southwest Fisheries Science Center NOAA, Nicholas Wegner memegang opah yang ditangkap selama survei riset dari pantai California Coast.(NOAA Fisheries - Southwest Fisheries Science Center)
Ahli biologi Southwest Fisheries Science Center NOAA, Nicholas Wegner memegang opah yang ditangkap selama survei riset dari pantai California Coast.(NOAA Fisheries - Southwest Fisheries Science Center)

Kabar24.com, JAKARTA-- Opah atau moonfish adalah ikan berdarah hangat pertama yang diketahui mengalirkan darah hangat ke seluruh tubuhnya, seperti mamalia dan burung menurut hasil riset baru para peneliti Amerika Serikat yang dipublikasikan di jurnal Science pada Kamis (14/5/2015).

Beberapa ikan predator besar seperti tuna dan hiu memang bisa menghangatkan otot atau organ-organ mereka selama pengejaran, tapi opah adalah ikan pertama yang ditemukan menjaga seluruh tubuhnya, termasuk jantung dan otak, lebih hangat dari lingkungannya.

Opah, yang besarnya bisa seukuran ban mobil, hidup di berbagai laut dunia, tinggal di kedalaman ratusan kaki di bawah permukaan air yang dingin, dalam perairan yang remang-remang.

Pelacakan satelit menunjukkan opah menghabiskan sebagian besar waktunya di kedalaman 150 sampai 1.300 kaki tanpa muncul ke permukaan secara teratur.

Kepak sirip dada opah yang konstan menghangatkan tubuhnya, mempercepat metabolisme, gerakan dan waktu reaksinya.

Dengan menempelkan pemantau suhu ke opah yang ditangkap dalam survei di West Coast, Amerika Serikat, para peneliti mengetahui rata-rata suhu ototnya sekitar lima derajat Celsius di atas air di sekelilingnya ketika berenang di kedalaman sekitar 45 sampai 300 meter di bawah permukaan air.

Ikan yang biasanya mendiami kedalaman yang dingin cenderung lamban, menyimpan energi dengan menyergap mangsa ketimbang mengejarnya.

Berdarah hangat membuat opah menjadi predator dengan performa tinggi yang berenang dan bereaksi lebih cepat serta melihat lebih tajam, kata penulis utama hasil studi itu, Nicholas Wegner dari Southwest Fisheries Science Center National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) di La Jolla, California.

"Sebelum penemuan ini saya punya kesan bahwa ini adalah ikan yang bergerak lamban, seperti kebanyakan ikan di lingkungan dingin," kata Wegner dalam siaran publik NOAA Fisheries West Coast Region di EurekAlert.

"Tapi karena bisa menghangatkan tubuhnya, ikan ini menjadi predator yang sangat aktif yang mengejar gesit seperti cumi-cumi dan bisa bermigrasi dalam jarak jauh," kata ahli biologi itu.

Wegner mengatakan peningkatan suhu mempercepat proses fisiologi dalam tubuh.

"Hasilnya, otot-otot berkontraksi lebih cepat, resolusi waktu mata meningkat, dan transmisi syaraf lebih cepat. Ini terlihat pada laju berenang yang lebih cepat, penglihatan yang lebih baik dan waktu respons yang lebih cepat," katanya kepada LiveScience.

Insang Tak Biasa

Para peneliti menduga ada sesuatu yang aneh pada opah setelah menemukan jaringan insang yang tidak biasa: pembuluh darah yang mengangkut darah hangat ke insang ikan mengitari pembuluh darah yang membawa darah dingin kembali ke pusat tubuh setelah menyerap oksigen dari air.

Itu berarti darah hangat yang meninggalkan pusat tubuh bisa kembali menghangatkan darah dingin yang kembali dari bagian permukaan pernafasan insang yang menyerap oksigen.

Selain itu, opah memiliki jaringan lemak yang mengelilingi insang, jantung dan jaringan otot untuk menyekat mereka dari air dingin, yang secara efektif melindungi tubuh dari kehilangan panas.

"Tidak pernah ada insang ikan yang seperti ini sebelumnya," kata Wegner.

"Alam punya cara mengejutkan kita dengan strategi pintar yang tidak kau sangka. Sulit untuk tetap hangat ketika kau dikelilingi air dingin, tapi opah bisa mengatasinya."

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ikan

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top